Jersey baru Timnas Inggris yang diluncurkan oleh Nike untuk Euro 2024 telah menimbulkan polemik yang cukup besar di Inggris. Desain yang biasanya didominasi warna putih dengan aksen biru ini kali ini mengalami perubahan pada lambang St George’s Cross di bagian belakang kerah, yang kini berwarna ungu dan biru, bukan merah dan putih seperti bendera Inggris.

Perdana Menteri Rishi Sunak dan Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer termasuk di antara mereka yang telah melontarkan protes keras terhadap desain baru ini. Nike mengklaim bahwa desain tersebut terinspirasi oleh jersey latihan Timnas Inggris saat menjuarai Piala Dunia 1966, namun banyak yang merasa bahwa ini merupakan penghinaan terhadap bendera kebesaran negara.

Federasi Sepakbola Inggris (FA) telah angkat bicara dan menyatakan dukungan penuh terhadap desain baru tersebut, dengan menyebut bahwa elemen-elemen pada desain jersey merupakan penghormatan kepada tim juara Piala Dunia 1966. Meskipun demikian, kontroversi ini masih terus berlanjut dan mendapat perhatian luas dari publik serta media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini