Jakarta – Menjelang pertandingan antara Vietnam dan Indonesia, media Vietnam kembali menyoroti isu naturalisasi yang dilakukan oleh Indonesia. Dalam sebuah postingan di Facebook, salah satu media terbesar di Vietnam, Bongda24h.vn, memposting foto Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang mengenakan seragam timnas Vietnam dengan keterangan ‘naturalisasi’ dan ‘mungkinkan akan terjadi?’.

Pertandingan yang akan berlangsung malam ini di My Dinh National Stadium, Hanoi, merupakan matchday keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ronde kedua. Saat ini, Irak memimpin klasemen grup dengan sembilan poin, diikuti oleh Timnas Indonesia dengan empat poin, Vietnam dengan tiga poin, dan Filipina dengan satu poin.

Di pertemuan pertama, Timnas Indonesia berhasil menang 1-0 atas Vietnam di GBK berkat gol tunggal Egy Maulana Vikri. Namun, sebelum pertemuan itu hingga sebelum ‘leg kedua’ nanti, Vietnam telah kerap menyerang Indonesia terkait isu naturalisasi. PSSI memang telah mendatangkan pemain-pemain berdarah keturunan, kebanyakan dari Belanda, yang mendapat kritik dari para pemain Vietnam.

Kini, serangan-serangan psywar tersebut menjadi viral di Vietnam. Apakah pasukan Shin Tae-yong dapat tetap fokus menghadapi serangan-serangan tersebut? Pertandingan nanti malam akan menjadi penentu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini