Gianluigi Buffon, mantan penjaga gawang legendaris yang kini menjabat sebagai kepala delegasi tim nasional Italia, baru-baru ini mengungkapkan keyakinannya bahwa Italia tidak akan memberikan kesan buruk di Euro 2024 mendatang. Dalam wawancara dengan OneFootball, Buffon membahas tentang kesehatan mental dan fisiknya setelah pensiun dari karier bermain, serta perannya bersama tim nasional Italia menjelang turnamen besar di musim panas ini.

Pada usia 46 tahun, Buffon telah menggantung sarung tangannya di akhir musim lalu, menutup karier bermain selama 29 tahun yang fenomenal. Hanya beberapa hari setelah pensiun, ia mengambil peran sebagai koordinator tim dengan Azzurri, menggantikan almarhum Gianluca Vialli. Di bawah asuhan Luciano Spalletti, Italia sedang bersiap untuk Kejuaraan Eropa yang akan datang di Jerman, di mana mereka akan menghadapi Spanyol, Kroasia, dan Albania di Grup B.

Buffon pertama kali membahas tentang kesehatan mental dan fisiknya setelah berhenti bermain. "Saya hampir tidak melakukan apa pun yang bersifat fisik atau atletik selama sembilan bulan karena mungkin saya sudah muak dengan olahraga. Saya perlu menemukan kembali sedikit rasa lapar dan keinginan untuk mendorong diri saya secara fisik," ujarnya.

Mengenai perannya sebagai koordinator tim Azzurri, Buffon menyatakan bahwa ia bertindak sebagai filter antara para pemain, pelatih, dan lingkungan sekitar, serta harus bertindak menggantikan presiden ketika ia tidak ada. "Saya adalah kepala delegasi, saya bahkan tidak mengontrol rumah saya sendiri, bayangkan peran apa yang bisa saya isi! Tapi saya suka perannya, dan itu sangat menyenangkan," tambahnya.

Buffon juga menyentuh bagaimana rasanya menjadi penerus Vialli. "Sebuah kegembiraan besar mengingat dia berada di posisi ini bahkan sebelum Gigi Riva dan saya sangat senang karena saya memiliki hubungan dekat dengan keduanya," kata Buffon.

Terakhir, Buffon membahas mentalitas Italia menjelang Kejuaraan Eropa musim panas ini. "Mereka adalah kelompok orang-orang yang serius dan rendah hati dan saya senang bisa bersaing di Kejuaraan Eropa bersama mereka. Saya yakin bahwa apa pun yang terjadi, kami tidak akan memberikan kesan buruk," pungkasnya.

Buffon confident Italy ‘won’t make poor impression’ at Euro 2024 | OneFootball
Buffon sicuro: ‘Italia, di figuracce a Euro 2024 non ne faremo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini