Dalam pertandingan terakhir Timnas Indonesia melawan Qatar, terjadi sebuah insiden yang menimbulkan kontroversi terkait penggunaan Video Assistant Referee (VAR). Ivar Jenner, pemain Timnas Indonesia, diusir wasit dari lapangan tanpa pengecekan VAR. Keputusan ini menimbulkan pertanyaan di kalangan penggemar dan pemain.

Menurut aturan yang ditetapkan oleh International Football Association Board (IFAB), penggunaan VAR dibatasi hanya untuk empat situasi spesifik: penentuan sah tidaknya gol, penentuan penalti, penentuan kartu merah langsung (bukan akumulasi kartu kuning), dan kesalahan identitas pemain yang dikenai hukuman. Dalam kasus Ivar Jenner, yang menerima kartu kuning kedua dan bukan kartu merah langsung, aturan IFAB tidak mengizinkan penggunaan VAR.

Keputusan wasit Nasrullo Kabirov untuk tidak menggunakan VAR dalam insiden tersebut sesuai dengan pedoman IFAB. Meskipun demikian, banyak yang merasa bahwa keputusan ini merugikan Timnas Indonesia. Kini, Timnas harus bersiap untuk pertandingan selanjutnya tanpa Jenner dan Sananta yang juga menerima kartu merah di pertandingan tersebut.

Pertandingan berikutnya Indonesia akan menghadapi Australia, dan meskipun tanpa dua pemain kunci, harapan untuk kemenangan tetap ada. Pelatih Shin Tae-yong mengajak para pemain untuk tidak menyerah dan terus berjuang demi mengharumkan nama bangsa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini