Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Korea Selatan dalam pertandingan perempat final Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung sengit hingga babak adu penalti. Pertandingan yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, berakhir dengan skor 2-2 setelah perpanjangan waktu, namun Tim Garuda Muda berhasil unggul dalam adu penalti dengan skor 11-10.

Kegagalan dua eksekutor penalti Korea Selatan, Kang Sang-yoon dan Lee Kang-hee, menjadi momen kunci yang memastikan kemenangan untuk Indonesia. Sementara itu, hanya Arkhan Fikri dari Indonesia yang gagal mencetak gol penalti. Asisten pelatih Korea Selatan, Myung Jae-yong, menyatakan bahwa timnya kurang beruntung dalam adu penalti.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-23 tidak hanya memastikan tempat di semifinal Piala Asia U-23 2024 tetapi juga membuka peluang untuk lolos ke Olimpiade 2024. Di sisi lain, Korea Selatan gagal melaju ke semifinal untuk kedua kalinya secara berurutan dan rekor tampil di Olimpiade sejak 1988 pun terputus.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang merupakan warga negara Korea Selatan dan mantan pelatih Taegeuk Warriors, mendapat perhatian khusus atas perannya dalam kemenangan ini. Media Korea Selatan memberikan komentar bahwa Shin Tae-yong telah membuat sepakbola Korea menangis karena gagal tampil di Olimpiade untuk yang ke-10 kalinya secara berturut-turut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini