Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke semifinal Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahkan Timnas Korea Selatan U-23 dalam pertandingan yang penuh drama. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha Qatar, pada Jumat (26/4/2024) dini hari WIB, diwarnai oleh ketegangan dan persaingan sengit.

Kemenangan Susah Payah

Kemenangan tim asuhan Shin Tae-yong didapat dengan susah payah. Indonesia dua kali unggul dalam laga itu. Gol pertama dicetak oleh Rafael Struick pada menit ke-15 dengan tendangan jarak jauh. Namun, Korsel dapat menyamakan kedudukan melalui gol bunuh diri Komang Teguh Trisnanda.

Pada masa injury time babak pertama, Struick kembali mencatatkan namanya di papan skor. Dia menjaringkan bola meneruskan umpan panjang Ivar Jenner. Keunggulan pemain Indonesia terjadi pada menit ke-70 ketika gol getter Korsel, Lee Young-jun, mendapatkan kartu merah langsung karena pelanggaran keras.

Drama Penalti

Skor imbang berlanjut sampai 90 menit selesai, dan laga harus memainkan babak tambahan. Adu penalti berlangsung sampai 12 penendang dengan Indonesia menang 11-10 karena dua eksekutor Korsel gagal.

Keberuntungan Tim Merah-Putih

Indonesia dinaungi keberuntungan saat menaklukkan Korsel. Pada menit kedelapan, gol Korsel yang dicetak oleh Lee Kang-hee dianulir karena offside setelah tinjauan dengan VAR. Keberuntungan kedua datang saat Justin Hubner maju sebagai eksekutor kelima dan tendangannya harus diulang karena kiper Korsel terlalu cepat bergerak.

Kemenangan ini membawa Indonesia ke semifinal Piala Asia U-23 2024, sebuah pencapaian yang patut diapresiasi dan memberikan harapan besar bagi masa depan sepak bola Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini