London – Chelsea gagal melakukan comeback di kandang Aston Villa setelah Video Assistant Referee (VAR) menganulir gol kemenangan mereka. Kejadian ini menambah daftar panjang frustrasi yang dialami The Blues terkait dengan keputusan VAR.

Pada pertandingan yang berlangsung di Villa Park, Chelsea tertinggal dua gol lebih dulu akibat gol bunuh diri Marc Cucurella dan gol dari Morgan Rogers. Namun, Chelsea bangkit di babak kedua dengan gol dari Noni Madueke dan Conor Gallagher yang menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Chelsea semakin bersemangat untuk mencari kemenangan dan hampir saja mendapatkannya ketika Axel Disasi memaksa kiper Villa, Robin Olsen, untuk melakukan gol bunuh diri di masa injury time. Namun, kegembiraan para pemain Chelsea terhenti ketika wasit Craig Pawson membatalkan gol tersebut setelah mendapat indikasi dari ruang VAR bahwa terjadi pelanggaran oleh Benoit Badiashile kepada Diogo Carlos sebelum gol tercipta.

Manajer Chelsea, Mauricio Pochettino, merasa sangat geram dengan keputusan ini. Ini bukan pertama kalinya Chelsea merasa dirugikan oleh VAR. Sebelumnya, dalam semifinal Piala FA melawan Manchester City, mereka juga merasa seharusnya mendapatkan penalti ketika sepakan bebas Cole Palmer mengenai tangan Jack Grealish yang berada di barisan pagar hidup. Namun, wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran dan City keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0.

Pochettino mengungkapkan kekecewaannya dalam wawancara pasca pertandingan. "Semua orang yang menonton laga ini pasti kecewa," ujar Pochettino. "Dua hal berbeda dikatakan wasit, yakni soal foul dan gol dianulir, tapi dia melihat VAR untuk mengonfirmasi."

"Wasit benar-benar konyol dan tidak bisa dipercaya dia melakukannya. Sulit untuk menerimanya, karena insiden seperti ini terjadi di semifinal Piala FA dua pekan lalu ketika ada handball tapi tidak penalti, wasit tidak mengeceknya," tambahnya.

Pochettino juga menyoroti bagaimana keputusan VAR telah merusak keindahan sepakbola dan menyakitkan bagi semua pihak yang terlibat. "Ini merusak sepakbola Inggris dan saya yakin pemain serta fans Villa juga kaget mengapa gol dianulir," tuturnya.

Chelsea harus puas dengan satu poin dari pertandingan ini, namun insiden ini pasti akan menjadi bahan diskusi panjang tentang peran dan pengaruh VAR dalam sepakbola modern.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini