Jakarta – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, pernah menyatakan bahwa Piala AFF bukan merupakan ‘prioritas’. Namun, bagaimana persiapan Timnas Indonesia untuk ajang tersebut tahun ini?

Piala AFF 2024, yang kini dikenal dengan nama ASEAN Cup, akan diselenggarakan pada tanggal 23 November hingga 21 Desember 2024. Format pertandingan masih sama seperti sebelumnya, yaitu dua kali home dan dua kali away di fase grup.

Drawing untuk pembagian grup telah dilakukan di Hanoi, Vietnam pada Selasa (21/5). Hasilnya, Grup A diisi oleh Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Brunei/Timor Leste. Sementara itu, Grup B akan dihuni oleh Vietnam, Indonesia, Filipina, Myanmar, dan Laos.

Timnas Indonesia sendiri belum pernah menjuarai kompetisi Piala AFF sejak tahun 1996 dan harus puas dengan enam kali menjadi runner up. Thailand menjadi tim tersukses dengan tujuh kali juara, diikuti Singapura dengan empat kali, dan Vietnam dengan dua kali juara.

Erick Thohir menekankan bahwa fokus utama saat ini adalah meningkatkan ranking Timnas Indonesia di peringkat FIFA. "Sejak awal saya mau targetnya 100 besar, hari ini 134. Semua menulis loncatan tertinggi, so what? Belum 100. Jangan euforia terlalu dini," ujar Erick.

Dengan Piala AFF yang tidak masuk dalam agenda FIFA dan Erick Thohir yang fokus pada peningkatan ranking FIFA Timnas Indonesia, pertanyaan yang muncul adalah apakah Skuad Garuda akan turun dengan komposisi pemain muda di ASEAN Cup tahun ini? Kita nantikan bersama!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini