Tim nasional U-23 Indonesia gagal meraih tiket terakhir ke Olimpiade Paris 2024 setelah kalah dari Guinea dengan skor 0-1. Dalam pertandingan yang berlangsung di Clairefontaine, Paris, Prancis, pada Kamis, 9 Mei 2024, Indonesia tertekan oleh Guinea sejak menit-menit awal. Akibatnya, Guinea berhasil unggul di menit ke-30 melalui penalti Ilaix Moriba.

Memasuki babak kedua, Indonesia memiliki kendali atas bola. Masuknya Dewangga menggantikan Komang membuat kreasi permainan Indonesia lebih hidup. Namun, beberapa peluang yang diciptakan berhasil dipatahkan oleh pertahanan Guinea. Skor 0-1 untuk Guinea bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pelatih Shin Tae-yong berusaha meningkatkan daya gedor dengan memasukkan Ramadhan Sananta di menit ke-60. Namun, upaya tersebut tidak membuahkan hasil. Indonesia kembali dihukum penalti di menit ke-72 setelah Dewangga melanggar striker Guinea. Keputusan penalti tersebut membuat Shin Tae-yong protes keras hingga akhirnya ia diusir wasit dengan dua kartu kuning yang berujung kartu merah.

Guinea gagal menambah skor setelah penalti Algassime Bah mengenai mistar gawang. Kegagalan penalti dari Guinea membuat Indonesia kembali bersemangat. Namun, hingga tambahan waktu 8 menit di babak kedua, tidak ada gol yang tercipta. Indonesia harus mengakui keunggulan Guinea dengan skor akhir 0-1.

Hasil ini menggagalkan ambisi Indonesia untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024. Padahal, Indonesia memiliki kesempatan untuk tampil di Olimpiade untuk kedua kalinya setelah terakhir kali muncul pada tahun 1959.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini