Liverpool telah mengakhiri era Jurgen Klopp dengan pertandingan terakhir melawan Wolverhampton Wanderers, menandai penutupan sembilan tahun kepemimpinan yang penuh dengan prestasi. Klopp, yang mulai melatih Liverpool pada tahun 2015, telah membawa tim meraih enam titel juara dan mengubah banyak pemain menjadi bintang sepakbola.

Pada pertandingan pertamanya bersama Liverpool di bulan Oktober 2015 melawan Tottenham Hotspur, Klopp memulai dengan formasi yang terdiri dari Mignolet, Sakho, Skrtel, Moreno, Clyne, Leiva, Milner, Can, Lallana, Coutinho, dan Origi. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor seri 0-0.

Sembilan tahun kemudian, dalam pertandingan terakhirnya melawan Wolves, Klopp menurunkan Alisson, Van Dijk, Quansah, Robertson, Arnold, Endo, Elliot, Mac Allister, Diaz, Salah, dan Gakpo. Pertandingan ini berakhir dengan kemenangan 2-0 untuk Liverpool.

Era Klopp di Liverpool tidak hanya diingat karena prestasi dan trofi yang diraih tetapi juga karena transformasi yang ia bawa ke dalam tim. Dari pemain-pemain seperti Mohamed Salah dan Sadio Mane hingga Trent Alexander-Arnold dan pemain jebolan akademi yang mulai unjuk gigi.

Klopp meninggalkan warisan yang akan selalu diingat oleh para penggemar Liverpool. Dengan perpisahannya ini, Liverpool memasuki babak baru dalam sejarah mereka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini