Maarten Paes, kiper FC Dallas keturunan Belanda, telah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah mengambil sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta pada tanggal 30 April 2024. Kehadiran Maarten di Indonesia sejak 8 Januari 2024 untuk mengurus berkas persyaratan menjadi WNI telah membuahkan hasil.

Dilansir dari Kompas.com, Maarten menyatakan rasa bangganya menjadi WNI. "Saya sangat bangga, ini adalah momen besar bagi saya. Momen yang membahagiakan untuk dibagi bersama masyarakat Indonesia," ujar Maarten.

Maarten berhak mendapatkan status WNI karena neneknya lahir di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur saat Indonesia masih berstatus sebagai Hindia-Belanda. Meskipun demikian, belum ada kepastian kapan Maarten dapat memenuhi syarat untuk membela Timnas Indonesia karena statusnya masih menjadi perdebatan.

Profil Singkat Maarten Paes

Maarten Paes lahir di Nijmegen, Gelderland, Belanda pada 14 Mei 1998 dan saat ini berusia 25 tahun. Ia memiliki dua kewarganegaraan, yaitu Belanda dan Indonesia. Karier sepakbolanya dimulai di NEC Youth dan melalui berbagai tingkatan hingga akhirnya bergabung dengan FC Utrecht dan kemudian FC Dallas.

Maarten pernah membela Timnas Belanda U18 pada tahun 2016 dan mencatatkan dua kali penampilan. Kini, dengan status barunya sebagai WNI, ia memiliki ambisi untuk membawa Indonesia ke ajang yang lebih besar di kancah internasional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini