Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji memberikan klarifikasi mengenai tenggat waktu pendaftaran pemain untuk laga Timnas Indonesia melawan Bahrain dan China pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Beredar kabar bahwa pendaftaran akan ditutup pada 20-24 September, namun Sumardji menyatakan bahwa periode pendaftaran sebenarnya hingga 3 Oktober.

Dengan demikian, peluang Mees Hilgers dan Eliano Reijnders untuk melakukan debut bersama Timnas Indonesia masih terbuka lebar. Kedua pemain yang telah mendapatkan persetujuan dari Komisi III dan X DPR RI tersebut masih harus menunggu persetujuan dalam Rapat Paripurna DPR RI.

Setelah melalui proses persetujuan di DPR RI, berkas permohonan Hilgers dan Reijnders akan diteruskan ke Kementerian Sekretariat Negara untuk mendapatkan Keputusan Presiden. Tahap terakhir adalah pengambilan sumpah oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sebelumnya telah mengungkapkan keinginannya untuk segera memanggil Hilgers dan Reijnders ke dalam skuad Garuda. Pelatih asal Korea Selatan tersebut menilai bahwa kedua pemain tersebut memiliki potensi untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Namun, Shin Tae-yong juga mengatakan bahwa pemanggilan Hilgers dan Reijnders tergantung pada proses naturalisasi yang sedang berjalan. Ia berharap agar proses tersebut dapat segera selesai agar kedua pemain dapat memperkuat Timnas Indonesia pada dua laga tandang mendatang.

Timnas Indonesia akan menjalani laga tandang melawan Bahrain pada 10 Oktober dan China pada 15 Oktober. Kedua pertandingan tersebut merupakan bagian dari lanjutan Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat kelima klasemen Grup A dengan koleksi satu poin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini