Jakarta, – Rapat Paripurna DPR RI telah memberikan lampu hijau bagi permohonan naturalisasi dua pesepakbola keturunan Indonesia, Eliano Reijnders dan Mees Hilgers. Persetujuan tersebut membuka jalan bagi keduanya untuk segera mengambil sumpah sebagai warga negara Indonesia (WNI).

Dalam rapat yang digelar pada Kamis (19/9/2024), Wakil Ketua DPR Lodewijk Paulus meminta persetujuan kepada semua fraksi yang hadir untuk menyetujui pemberian kewarganegaraan kepada Reijnders dan Hilgers. Permohonan tersebut pun disetujui secara aklamasi.

Pemberian kewarganegaraan kepada kedua pesepakbola tersebut merupakan hasil dari usulan pemerintah yang dituangkan dalam Surat Presiden Nomor R47/PRES/09/2024 dan R48/PRES/9/2024. Usulan ini mendapat pertimbangan dari Komisi III dan Komisi X DPR yang telah menyetujui naturalisasi Reijnders dan Hilgers.

Dalam rapat kerja antara Komisi III DPR dan pemerintah pada Selasa (17/9), Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menekankan pertimbangan pengalaman sepakbola internasional Reijnders dan Hilgers sebagai alasan pemberian rekomendasi naturalisasi.

Dengan selesainya proses persetujuan di DPR, Reijnders dan Hilgers dijadwalkan akan mengambil sumpah menjadi WNI di Belanda. Keduanya saat ini masih berkompetisi di Liga Belanda bersama klub masing-masing.

Naturalisasi Reijnders dan Hilgers diharapkan dapat memperkuat Tim Nasional Indonesia dalam lanjutan ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Garuda selanjutnya akan menghadapi Bahrain dan China pada Oktober mendatang.

Pemberian kewarganegaraan kepada pesepakbola asing merupakan salah satu strategi PSSI untuk meningkatkan kualitas dan prestasi Timnas Indonesia. Sebelumnya, Indonesia telah menaturalisasi beberapa pemain seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, Marc Klok, dan Shayne Pattynama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini