Dalam dunia sepakbola, para pemain diharapkan untuk selalu menjaga profesionalisme baik di dalam maupun di luar lapangan. Hal ini juga berlaku pada saat berada di ruang ganti, yang menjadi tempat privat bagi para pemain untuk bersiap sebelum bertanding. Namun, ada pengalaman unik yang dibagikan oleh Alex Telles, mantan rekan satu tim Cristiano Ronaldo, terkait etiket di ruang ganti di Arab Saudi.

Telles, yang kini bermain untuk klub Botafogo di Brasil, mengungkapkan bahwa ia sempat melakukan kesalahan saat pertama kali menginjakkan kaki di ruang ganti Al Nassr, klub asal Arab Saudi yang pernah dibela Ronaldo. Di Arab Saudi, ternyata ada perbedaan kebiasaan dalam penggunaan ruang ganti dibandingkan di negara lain yang pernah dimainkannya.

"Di Arab Saudi, kamar mandinya itu terpisah dan tertutup. Bahkan ketika ganti baju, orang-orang masih pakai handuk," ungkap Telles kepada Globo Esporte.

Akibat kurangnya informasi tentang kebiasaan ini, Telles secara tidak sengaja masuk ke ruang ganti tanpa memakai sehelai benang pun. Kesalahan tersebut membuatnya mendapat teguran dari rekan-rekan setimnya.

"Aku masuk ke sana untuk pertama kalinya (tanpa pakai apa-apa), yang sebenarnya masih wajar saja, tapi kemudian mereka bilang kepadaku, ‘jangan lakukan itu, orang-orang tidak suka, pakailah handuk’," ujar Telles.

Dari pengalamannya itu, Telles memberikan saran kepada pesepakbola lain yang akan bermain di Arab Saudi untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. Ia juga secara khusus menasihati Wesley, pemain muda Brasil yang bergabung dengan Al Nassr pada Agustus lalu, untuk selalu menggunakan handuk saat berada di ruang ganti.

Pengalaman Telles mengajarkan kita bahwa penting untuk selalu menghormati budaya dan kebiasaan setempat, terutama saat berada di negara yang berbeda. Sebagai pesepakbola profesional, menjaga sikap dan perilaku yang baik merupakan bagian dari menjadi panutan bagi masyarakat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini