Banda Aceh, – Tim sepak bola putra Jawa Timur (Jatim) berhasil mengukir prestasi gemilang dengan menggondol medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Banda Aceh. Kemenangan ini diraih setelah Jatim menaklukkan Jawa Barat (Jabar) dengan skor tipis 1-0.

Partai final yang berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Rabu (18/9/2024) malam WIB, diwarnai dengan permainan atraktif kedua kesebelasan. Jatim tampil agresif sejak awal pertandingan, menekan pertahanan Jabar dengan intensitas tinggi.

Jabar sempat menciptakan peluang pada menit ke-12 melalui Afif, namun umpan silangnya belum mampu dimanfaatkan dengan baik. Jatim membalas melalui sepakan keras Wigi Pratama dari luar kotak penalti, namun bola masih melebar.

Menit ke-36, Wigi kembali mengancam gawang Jabar dengan aksi indivudal, namun upayanya digagalkan oleh lini pertahanan Jabar. Jabar juga memperoleh kesempatan emas pada menit ke-43 melalui tandukan Nabil, tetapi bola masih melambung di atas gawang Jatim. Babak pertama pun berakhir dengan skor imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, Jatim dan Jabar semakin gencar melancarkan serangan. Keunggulan jumlah pemain setelah Abdan Hanif dari Jabar dikeluarkan dengan kartu kuning kedua pada menit ke-64, dimanfaatkan dengan baik oleh Jatim.

Pada menit ke-70, Rano Jutati sukses mengeksekusi penalti setelah Achmad Dwi Firmansyah dilanggar oleh kiper Jabar Sujarmin. Gol tersebut menjadi satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut dan memastikan kemenangan bagi Jatim.

Medali emas ini menjadi pelepas dahaga Jatim yang pada PON 2021 Papua hanya mampu meraih medali perunggu. Prestasi ini diharapkan menjadi motivasi bagi tim sepak bola Jatim untuk terus berprestasi di kancah nasional maupun internasional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini