Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-20, Indra Sjafri, memberi tanggapan atas minimnya penonton yang hadir pada laga melawan Maladewa dalam ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Stadion Madya, Jakarta, yang menjadi lokasi pertandingan hanya dipenuhi sekitar 1.500 penonton. Jumlah tersebut jauh di bawah ekspektasi, mengingat animo masyarakat Indonesia terhadap sepak bola yang begitu tinggi.

Menurut Indra Sjafri, rendahnya antusiasme suporter ini merupakan hal yang wajar. Alasannya, timnas kelompok usia belum memiliki prestasi yang signifikan.

"Selera penonton Indonesia sekarang sudah tinggi," kata Indra. "Mereka hanya mau datang ke stadion jika timnas tampil bagus dan progresnya positif."

Ia menambahkan, jumlah penonton akan meningkat seiring dengan meningkatnya performa tim. Hal ini terbukti pada saat timnas senior tampil gemilang, yang membuat banyak orang berbondong-bondong datang ke stadion.

Fenomena pemain keturunan yang memperkuat timnas senior juga menjadi salah satu faktor yang meningkatkan animo suporter. Kualitas mereka yang mumpuni menambah daya tarik skuad Garuda.

Meski jumlah penonton di Jakarta tergolong minim, Indra melihat potensi yang lebih besar di luar ibu kota. Sebagai contoh, saat Garuda Muda bermain di Surabaya pada Piala AFF U-19 2024, jumlah penonton mencapai 5.000 orang.

Indra pun berharap agar Timnas U-20 bisa menunjukkan permainan yang apik sehingga dapat menarik perhatian lebih banyak suporter. Dengan begitu, mereka dapat lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2025 dan membuat masyarakat bangga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini