Lisandro Martinez, bek Manchester United, terhindar dari kartu merah dalam laga imbang melawan Crystal Palace. Meski melakukan tekel dua kaki yang berbahaya, wasit hanya menghadiahinya kartu kuning.

Pada menit ke-63, Martinez terlibat duel dengan pemain Palace Daichi Kamada. Ia melakukan tekel dengan menjejakkan dua kaki, yang berpotensi menyebabkan cedera serius pada lawannya.

Mantan bek MU Phil Jones menilai tindakan Martinez tersebut berisiko dan seharusnya mendapat hukuman lebih berat daripada kartu kuning. "Dia mungkin agak beruntung di momen itu. Hampir tidak perlu untuk melakukan tekel dengan dua kaki. Dan menurut saya kalau dia meleset tipis saja, rasanya dia akan melihat warna kartu yang berbeda," ujar Jones.

Manajer Palace Oliver Glasner juga menyesalkan keputusan wasit yang hanya memberikan kartu kuning. "Dia beruntung menyentuh bola dan bukan tulang kering pemain kami. Karena kalau tidak, dia bakal sudah mematahkan kakinya (Kamada)," ungkap Glasner.

Menurut sebagian pengamat, tekel dua kaki Martinez memang berbahaya dan berpotensi menyebabkan cedera. Namun, karena ia berhasil menyentuh bola terlebih dahulu, maka hukuman kartu kuning dinilai masih bisa dimaklumi.

Wasit David Coote memiliki kewenangan untuk membuat keputusan di lapangan, termasuk menentukan hukuman yang tepat untuk pelanggaran yang terjadi. Dalam kasus ini, dianggap bahwa Coote mempertimbangkan beberapa faktor, seperti niat Martinez yang tak bermaksud melukai lawan, serta fakta bahwa tekelnya tidak mengakibatkan cedera serius.

Meski demikian, kontroversi mengenai keputusan wasit ini menimbulkan perdebatan tentang apakah tekel dua kaki seharusnya selalu dihukum dengan kartu merah. Pendukung kartu merah berpendapat bahwa jenis tekel tersebut sangat berbahaya dan dapat menyebabkan cedera parah, sementara yang menentang berpendapat bahwa wasit harus mempertimbangkan niat pemain dan konteks pertandingan sebelum membuat keputusan.

Pada akhirnya, hukuman yang diberikan kepada Martinez menjadi pengingat penting tentang bahaya tekel dua kaki dan pentingnya bagi pemain untuk berhati-hati saat melakukan duel.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini