Jakarta, – Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menegaskan komitmennya untuk membangun sepak bola putri Tanah Air. Hal ini dibuktikan dengan digelontorkannya dana sebesar Rp 36 miliar untuk mendukung berbagai agenda Timnas Putri.

Dalam sebuah jumpa pers di Media Center Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (21/9/2024) malam, Erick mengungkapkan bahwa PSSI telah mengalokasikan dana tersebut untuk kegiatan U-17 di Bali saat Kejuaraan Asia, pemusatan latihan (TC) Timnas Putri muda dan senior, serta pertandingan uji coba dengan negara lain di Hong Kong dan Indonesia.

"Kami di PSSI, tidak pernah membeda-bedakan komitmen membangun sepak bola putri," tegas Erick.

Erick mengakui bahwa mendapatkan dana sebesar Rp 36 miliar bukan hal yang mudah. Namun, hal tersebut merupakan bukti komitmen PSSI untuk pengembangan Timnas Putri.

"Angka Rp 36 miliar bukan angka yang mudah untuk kita cari pendanaannya. Tetapi itulah komitmen kami untuk meyakinkan pemerintah dan sponsor supaya mendukung Timnas Putri," ujar Erick.

Saat ini, Timnas Putri sedang dipersiapkan untuk tampil di Piala AFF yang akan berlangsung di Laos pada 23 November-1 Desember 2024. Tim asuhan Rudy Eka Priyambada tersebut akan menjalani TC di Jepang dan melakukan uji coba dengan beberapa klub ternama di Negeri Sakura.

Selain itu, Timnas Putri juga diagendakan mengikuti FIFA Match Day melawan Timnas Belanda dan bertandang ke Yordania untuk Timnas Putri U-20. Agenda tersebut akan berlangsung mulai 24 September hingga 22 November.

Erick menekankan bahwa Piala AFF merupakan batu loncatan menuju target jangka panjang Timnas Putri, yaitu tampil di Piala Dunia pada tahun 2030.

"Target piala dunia untuk Timnas Putri itu masih 2030 lebih. Jadi banyak sekali pemain yang direkrut Pak Galih (Manajer Timnas) dan Bu Vivin (Exco PSSI) baru usia 15 tahun, 17 tahun, tetapi main di senior. Karena memang jumlah talent pool kita sangat kurang setelah mati suri cukup lama," jelas Erick.

Dengan komitmen dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan sepak bola putri Indonesia dapat terus berkembang dan mencetak prestasi di kancah internasional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini