Barcelona, – Barcelona menelan kekalahan perdana di Liga Spanyol musim ini setelah ditaklukkan Osasuna dengan skor 2-4 di Estadio El Sadar, Minggu (29/9/2024) dini hari WIB.

Pelatih Barcelona, Hansi Flick, mengakui timnya tampil buruk, terutama pada babak pertama. Rotasi yang dilakukan Flick menjadi sorotan sebagai salah satu penyebab kekalahan.

"Anda harus menerima kekalahan ini. Kami tak bermain bagus. Saya pikir menjadi tanggung jawab saya untuk melindungi pemain (yang menjadi sebab rotasi), sebab mereka sudah terlalu sering bermain, namun saya tak mengira kami akan bermain seperti ini," kata Flick.

Pada laga tersebut, Flick melakukan sejumlah perubahan pada susunan pemainnya, termasuk menyimpan Raphinha dan Lamine Yamal. Keputusan ini berujung petaka bagi Barcelona karena mereka langsung tertinggal dua gol di babak pertama.

Gol pertama Osasuna dicetak oleh Ante Budimir melalui sundulan pada menit ke-18, disusul gol Bryan Zaragoza hasil serangan balik sepuluh menit kemudian. Barcelona baru bisa membalas lewat gol Pau Victor pada babak kedua yang memanfaatkan blunder kiper Osasuna, Sergio Herrera.

Namun, asa Barcelona untuk menyamakan kedudukan pupus setelah Budimir mencetak gol penalti pada menit ke-72 dan Abel Bretones menambah keunggulan Osasuna menjadi 4-1 lewat gol spektakuler pada menit ke-85. Gol Yamal di penghujung laga hanya menjadi hiburan bagi Barcelona.

Flick mengakui bahwa rotasi yang dilakukannya gagal memberikan dampak positif. Para pemain pengganti yang mayoritas jebolan La Masia dianggap belum memiliki pengalaman dan kualitas yang cukup untuk menghadapi tim sekelas Osasuna.

"Masuknya Yamal dan Raphinha terbilang telat karena Barcelona sudah dalam posisi tertinggal," ujar Flick.

Meskipun mengalami kekalahan, Flick tetap optimistis dengan perjalanan Barcelona musim ini. Ia menegaskan bahwa timnya masih berada di jalur yang benar dan akan segera bangkit dari kekecewaan ini.

"Saya bilang kepada tim bahwa kami harus terus maju. Kami akan main lagi pada Selasa (Young Boys), lalu Minggu (Alaves). Kami ada di trek yang benar," kata Flick.

Kekalahan dari Osasuna menjadi pelajaran berharga bagi Barcelona. Rotasi yang dilakukan oleh Flick harus dievaluasi kembali agar tidak menjadi bumerang dalam perburuan gelar musim ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini