Pelatih Tim Nasional Indonesia U-20, Shin Tae-yong, mengutarakan saran penting menyusul keberhasilan Garuda Muda lolos ke Piala Asia U-20 2025. Menurutnya, tim asuhannya memerlukan peningkatan signifikan di lini belakang, khususnya pada postur pemain.

"Kalau untuk lini belakang, mungkin dibutuhkan. Kalau di Piala Asia U-20 2025, pastinya dibutuhkan pemain yang posturnya tinggi dan baik karena diperlukan pemain yang ber-power," ujar Shin Tae-yong.

Hal tersebut disampaikan Shin Tae-yong usai menyaksikan langsung pertandingan Timnas U-20 kontra Yaman yang berakhir imbang 1-1. Meski berhasil mengamankan tiket ke Piala Asia, Shin Tae-yong melihat masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi.

Menurut pelatih asal Korea Selatan tersebut, postur pemain yang tinggi akan sangat menguntungkan bagi Timnas U-20 di level internasional. Terlebih lagi, lawan yang akan dihadapi di Piala Asia U-20 2025 dipastikan memiliki kualitas yang lebih tinggi.

"Memang baik dalam kerja keras semuanya. Walaupun cuaca sangat panas tetapi bisa lolos ke Piala Asia U-20 2025," kata Shin Tae-yong.

"Ini bukan lagi ASEAN. Maka harus ditingkatkan lagi perihal kecepatan permainan dan performa para pemain," ujarnya menambahkan.

Menariknya, Shin Tae-yong secara implisit menyarankan PSSI untuk mencari pemain keturunan Indonesia di luar negeri. Hal ini dilakukan untuk mengatasi kekurangan pemain belakang berpostur tinggi di dalam negeri.

"Kalau di luar negeri, mungkin ada yang tingginya 190 cm. Tapi kalau di Indonesia, tidak banyak pemain yang punya tinggi seperti itu," jelas Shin Tae-yong.

Saran Shin Tae-yong ini tentu menjadi perhatian serius bagi PSSI. Sebab, perburuan pemain keturunan berpostur tinggi akan menjadi salah satu kunci sukses Timnas U-20 di Piala Asia U-20 2025.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini