Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) secara resmi mengumumkan 12 stadion di 11 kota Amerika Serikat yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2025. Turnamen sepak bola bergengsi ini dijadwalkan berlangsung dari 15 Juni hingga 13 Juli 2025, menandai era baru bagi sepak bola global.

Stadion Megah di Sepanjang Pantai Barat

Sebagian besar stadion yang dipilih berada di wilayah pantai barat Amerika, menyuguhkan pemandangan dan atmosfer sepak bola yang menakjubkan. Dari 12 stadion, 10 berlokasi di pesisir timur, sementara dua lainnya, yakni Lumen Field di Seattle dan Rose Bowl di Pasadena, mewakili kawasan barat.

MetLife Stadium: Panggung Pertandingan Puncak

MetLife Stadium, yang terletak di area metropolitan New York, memiliki kehormatan menjadi tuan rumah pertandingan final. Stadion berkapasitas 82.500 penonton ini akan menjadi saksi pertempuran sengit antara 32 klub terbaik dunia untuk memperebutkan trofi Piala Dunia Antarklub.

Babak Baru Berbasis Prestasi

Selain menentukan lokasi pertandingan, FIFA juga menggarisbawahi format baru turnamen ini. Untuk pertama kalinya, setiap peserta mendapatkan tempat di fase grup berdasarkan prestasi. Juara dari turnamen regional di seluruh dunia serta klub dengan poin koefisien tertinggi dalam empat tahun terakhir akan berhak melaju ke babak utama.

30 dari 32 Calon Peserta Terungkap

Hingga saat ini, 30 dari 32 peserta Piala Dunia Antarklub 2025 telah memastikan tempat mereka. Salah satu slot sisa diperuntukkan bagi juara Copa Libertadores 2024, sementara slot terakhir akan menjadi milik wakil tuan rumah Amerika Serikat, yang mekanisme penentuannya masih belum diumumkan.

Pengundian Grup

Pengundian grup untuk Piala Dunia Antarklub 2025 dijadwalkan berlangsung pada Desember 2024. Pengundian ini akan menentukan pembagian ke dalam empat grup yang akan bertarung di babak penyisihan.

Era Baru Sepak Bola Global

Presiden FIFA, Gianni Infantino, sangat antusias menyambut turnamen ini, menyebutnya sebagai era baru bagi sepak bola global. Piala Dunia Antarklub 2025 diyakini akan menjadi tonggak sejarah dalam perkembangan olahraga ini, menyatukan klub-klub terbaik dunia di panggung megah di Amerika Serikat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini