Dua pemain keturunan Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Senin (30/9/2024). Keduanya mengungkapkan rasa bangga dan tidak sabar untuk membela panji Merah Putih.

Proses naturalisasi kedua pemain berlangsung di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Brussels, Belgia. Setelah pengambilan sumpah, Langkah selanjutnya yang harus ditempuh adalah mengurus proses perpindahan federasi dari KNVB (Persatuan Sepak Bola Belanda) ke PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia).

Jika proses perpindahan federasi berjalan lancar, PSSI berencana mendaftarkan Hilgers dan Reijnders untuk memperkuat Timnas Indonesia pada lanjutan Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda akan berhadapan dengan Bahrain pada 10 Oktober dan China pada 15 Oktober mendatang.

"Pak Erick Thohir, saya siap untuk Indonesia. Saya bangga bermain untuk Indonesia. Dan saya senang bisa berada di sini. Terima kasih. Terima kasih atas dukungannya Indonesia," ujar Hilgers melalui akun media sosial Timnas Indonesia.

Senada dengan Hilgers, Eliano Reijnders juga mengungkapkan kesiapannya membela Timnas Indonesia. "Halo Indonesia, saya siap bergabung dengan Timnas Indonesia. Saya tidak sabar, sampai jumpa di sana. Saya cinta Indonesia. Terima kasih Indonesia," katanya antusias.

Kep pasti an status Hilgers dan Reijnders sebagai pemain Timnas Indonesia akan diumumkan pada 3 Oktober mendatang. Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji menyatakan bahwa tanggal tersebut menjadi batas waktu pendaftaran pemain untuk kualifikasi Piala Dunia.

Dengan bergabungnya Hilgers dan Reijnders, Timnas Indonesia diharapkan dapat memperkuat skuad dan bersaing secara kompetitif di kancah internasional. Keduanya merupakan pemain muda berbakat yang memiliki potensi besar untuk memberikan kontribusi positif bagi kemajuan sepak bola Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini