Jakarta, – Dua pemain kelahiran Belanda, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah menjalani proses pengambilan sumpah di Brussel, Belgia.

Kepastian tersebut diumumkan langsung oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir pada Senin (30/9/2024). Dengan resmi menjadi WNI, kedua pemain ini pun siap memperkuat Timnas Indonesia dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang akan digelar dalam waktu dekat.

Mees Hilgers, yang saat ini bermain untuk klub Eredivisie Twente, memiliki darah Indonesia dari garis ibunya. Kakek dan neneknya lahir di Ambon dan Jakarta, sehingga ia berhak untuk menjadi warga negara Indonesia.

Hal serupa juga berlaku bagi Eliano Reijnders yang memperkuat klub Zwolle. Ia memiliki darah Ambon dari sang ibu, Angelina Lekatompessy.

"Saya sangat senang dan bangga bisa menjadi warga negara Indonesia. Saya merasa terhormat bisa mewakili negara ini di kancah internasional," ujar Hilgers.

Reijnders juga mengungkapkan rasa antusiasnya dengan status barunya. "Saya tidak sabar untuk mengenakan kostum Garuda dan berjuang bersama rekan-rekan setim saya. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan," tambahnya.

Dengan bergabungnya Hilgers dan Reijnders, kekuatan Timnas Indonesia di lini belakang diprediksi akan semakin solid. Kualitas keduanya yang terasah di liga Belanda diharapkan dapat memberikan kontribusi besar bagi skuad asuhan Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia dijadwalkan akan bertandang ke Bahrain pada 10 Oktober 2024 dan menghadapi tuan rumah China lima hari kemudian. Saat ini, Indonesia menempati posisi keempat klasemen Grup C dengan dua poin dari dua pertandingan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini