, 30 September 2022

Di tengah performa Manchester United yang kurang meyakinkan di awal musim ini, mantan gelandang mereka, Scott McTominay, justru menunjukkan performa yang menawan bersama Napoli. Penampilan apiknya membuat Setan Merah diyakini menyesal telah melepasnya.

McTominay hijrah ke Napoli dari Manchester United pada bursa transfer musim panas lalu dengan mahar 30,5 juta Euro. Sebelumnya, ia sempat tampil tiga kali bersama Setan Merah, namun hanya sebagai pemain pengganti.

Awal bergabung dengan Napoli, McTominay tidak langsung menjadi pilihan utama pelatih Antonio Conte. Namun, perlahan tapi pasti, ia mampu merebut tempat sebagai gelandang utama Partenopei.

Pemain asal Skotlandia itu telah mencetak gol debutnya saat Napoli mengalahkan Palermo 5-0 di Coppa Italia. Dalam laga berikutnya melawan Monza di Serie A, ia menyumbang asis untuk gol Khvicha Kvaratskhelia yang mengantarkan Napoli meraih kemenangan 2-0.

Kehadiran McTominay menambah variasi taktik Conte. Ia terbukti dapat bermain di berbagai posisi. Meski kerap dipasang sebagai gelandang bertahan di Manchester United, ia lebih banyak bermain di posisi depan saat membela timnas Skotlandia.

Conte pun berupaya memanfaatkan kemampuan McTominay secara maksimal. Pelatih asal Italia itu yang dikenal suka menggunakan formasi tiga bek, beralih ke formasi 4-3-3 saat menghadapi Monza.

"Tidak ada yang kebetulan, kami berlatih situasi ini dalam latihan sehingga kami dapat menggunakan formasi tersebut untuk mempersulit lawan," kata Conte dalam konferensi pers usai mengalahkan Monza, dikutip Football Italia.

Performa McTominay di Serie A mendapat apresiasi dari para pengamat sepak bola, salah satunya Robbie Savage. Mantan pemain timnas Inggris itu menilai Manchester United kehilangan sosok McTominay.

"Saya terkejut MU malah mendatangkan Ugarte, (Kobbie) Mainoo tidak cocok bermain dengan Casemiro, dia perlu seseorang yang bisa naik ke depan dan mundur membantu pertahanan. Saya pikir menjual Scott McTominay adalah kesalahan besar," jelas Savage kepada BBC Radio 5 Live.

Performa impresif McTominay bersama Napoli menjadi bukti bahwa ia memiliki kualitas yang mumpuni. Keputusan Manchester United untuk melepas pemain berusia 27 tahun itu tentu dapat dipertanyakan, mengingat Setan Merah saat ini masih kesulitan menemukan pengganti yang sepadan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini