Eliano Reijnders, pemain sepakbola keturunan Indonesia, telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Bersama Mees Hilgers, pengambilan sumpah WNI dilakukan di Auditorium Kedutaan Besar Indonesia untuk Belgia di Brussel pada Senin (30/9/2024).

Keputusan Eliano menjadi WNI tidak lepas dari keinginannya untuk membela Timnas Indonesia. Pemain berusia 23 tahun ini diharapkan bisa memperkuat lini pertahanan "Garuda" jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 babak ketiga.

Selama memperkuat PEC Zwolle, klub yang dibelanya sejak musim 2019/2020, Eliano telah mencatatkan penampilan apik. Berdasarkan statistik dari Whoscored, ia mencatatkan rata-rata 0,2 tembakan ke gawang, 0,2 umpan kunci, 0,4 dribble, dan 0,2 pelanggaran yang dilanggar per pertandingan.

Selain itu, Eliano juga memiliki rata-rata umpan yang mumpuni, yaitu 27,4, dengan akurasi umpan mencapai 81,8 persen. Torehan golnya selama memperkuat Zwolle mencapai enam gol dari 94 pertandingan di semua ajang.

Kehadiran Eliano di Timnas Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kualitas lini pertahanan. Dengan postur tubuh yang ideal dan kemampuan bermain yang baik, ia berpotensi menjadi tandem yang tangguh bersama pemain-pemain belakang "Garuda" lainnya.

Peluang Eliano untuk melakukan debut bersama Timnas Indonesia semakin terbuka lebar. Skuad "Garuda" akan menghadapi Bahrain pada 10 Oktober 2024 dan China pada 15 Oktober 2024 dalam במסגרת Kualifikasi Piala Dunia 2026 babak ketiga. Indonesia saat ini berada di posisi keempat Grup C dengan mengantongi dua poin.

Dengan bergabungnya Eliano, kekuatan Timnas Indonesia pun meningkat. Tim asuhan Shin Tae-yong diharapkan dapat meraih hasil positif di laga kualifikasi mendatang dan lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini