Tim Nasional (Timnas) Indonesia menambah amunisi jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dua pemain keturunan Belanda, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan akan segera bergabung dengan Skuad Garuda.

Pelatih Shin Tae-yong telah memastikan bahwa Hilgers dan Eliano akan dipanggil untuk memperkuat Indonesia dalam laga melawan Bahrain dan China pada Oktober mendatang. Kehadiran dua pemain ini akan berdampak pada persaingan di dalam skuad.

Di lini belakang, Hilgers bakal menambah stok bek tengah yang sudah dihuni Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner, dan Nathan Tjoe-a-on. Dengan demikian, Pratama Arhan, yang saat ini masih minim kesempatan bermain di Suwon FC, berpotensi tergeser dari tim.

Sedangkan di pos bek kiri, Shayne Pattynama dan Calvin Verdonk menjadi kandidat kuat untuk mendampingi Hilgers. Nathan Tjoe juga bisa menjadi opsi, sehingga Arhan kemungkinan akan kesulitan menembus tim utama.

Di lini tengah, Eliano akan menggantikan Muhammad Ferarri, yang selama ini menjadi pelapis di posisi bek. Ia akan bersaing dengan Thom Haye, Ivar Jenner, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan, dan Egy Maulana Vikri.

Untuk posisi penjaga gawang, Maarten Paes dan Ernando Ari diperkirakan akan menjadi pilihan utama. Nadeo Argawinata dan Muhammad Adi Satryo akan bersaing ketat untuk tempat ketiga.

Di lini depan, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick, Dimas Drajad, Ramadhan Sananta, Hokky Caraka, dan Malik Risaldi menjadi pilihan yang tersedia bagi Shin Tae-yong.

Dengan masuknya Hilgers dan Eliano, persaingan di dalam Timnas Indonesia semakin sengit. Beberapa pemain yang sebelumnya menjadi andalan berpotensi tergeser, sementara beberapa lainnya akan mendapat kesempatan membuktikan diri. Hal ini tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi Shin Tae-yong dalam meramu skuad terbaik untuk menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini