Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) mengumumkan bahwa pemain asal Belanda, Mats Deijl, tidak dapat membela Tim Nasional Malaysia karena tidak memenuhi persyaratan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Ketentuan FIFA dan Persyaratan Mats Deijl

Menurut FAM, FIFA telah memastikan bahwa Deijl tidak memenuhi persyaratan kelayakan sebagaimana diatur dalam Pasal 8 Regulasi tentang Penerapan Statuta. Disebutkan bahwa pemain berposisi bek kanan tersebut tidak memiliki hubungan darah langsung dengan Malaysia.

Meskipun Deijl mengklaim memiliki darah Malaysia dari nenek moyangnya yang lahir di Singapura pada 1893, namun hal ini tidak cukup memenuhi syarat. Sebab, Singapura pada masa itu masih menjadi bagian dari Malaysia.

Ketentuan FIFA yang berlaku mengamanatkan bahwa seorang pemain dapat membela suatu negara jika:

  • Lahir di negara tersebut
  • Ibu dan ayah lahir di negara tersebut
  • Kakek dan nenek lahir di negara tersebut
  • Pemain tinggal di negara tersebut selama lebih dari lima tahun

Upaya FAM dan Respon FIFA

FAM telah mengajukan surat kepada FIFA pada 23 September 2022 untuk menanyakan kelayakan Deijl membela Timnas Malaysia. Namun, FIFA membalas dengan menyatakan bahwa sang pemain tidak memenuhi syarat untuk bergabung dengan skuat Harimau Malaya.

Kesempatan yang Terlewat

Kegagalan Mats Deijl membela Timnas Malaysia merupakan kerugian bagi skuad asuhan Kim Pan-gon. Deijl dikenal sebagai bek kanan yang solid dengan pengalaman bermain di klub-klub Belanda seperti Go Ahead Eagles dan NAC Breda.

FAM harus mencari alternatif lain untuk mengisi posisi bek kanan dalam persiapan menghadapi kompetisi internasional di masa depan. Kejadian ini juga menjadi pengingat penting bagi tim nasional untuk memastikan bahwa pemain yang dipanggil memenuhi persyaratan FIFA demi menghindari kekecewaan di kemudian hari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini