Tim Nasional (Timnas) Indonesia tengah bersiap untuk melanjutkan perjuangan di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dengan nilai pasar pemain yang mencapai Rp 423 miliar, mampukah Skuad Garuda menaklukkan dua laga tandang krusial melawan Bahrain dan China?

Nilai Pasar Timnas Indonesia

Berdasarkan Transfermarkt, total nilai pasar Timnas Indonesia saat ini mencapai €24,5 juta atau setara Rp 423 miliar. Pemain dengan nilai pasar tertinggi adalah Mees Hilgers dengan €7 juta, diikuti oleh Thom Haye (€3 juta), Calvin Verdonk (€2,5 juta), Jay Idzes (€2,5 juta), dan Maarten Paes (€1,5 juta).

Dari 27 pemain yang dibawa ke Bahrain dan China, 16 di antaranya berkarier di luar negeri. Rata-rata usia pemain yang dipanggil adalah 25 tahun, dengan dua nama baru, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, yang baru saja menjadi Warga Negara Indonesia.

Lawan Berat di Grup C

Di Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia masih berada di peringkat keempat dengan dua poin dari dua laga. Di puncak klasemen, Jepang menguasai dengan enam poin, di bawahnya Arab Saudi (empat poin), dan Bahrain (tiga poin). Australia dan China berada di bawah Indonesia, masing-masing dengan satu poin.

Laga tandang melawan Bahrain dan China tentu menjadi ujian berat bagi Timnas Indonesia. Bahrain merupakan tim terkuat di grup dengan peringkat FIFA 86, sementara China berada di peringkat 79. Sementara itu, Indonesia sendiri berada di peringkat 152.

Target dan Harapan

Tim-tim yang finis di peringkat pertama dan kedua dari tiga grup berhak lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2026. Tim di peringkat keempat dan kelima akan melanjutkan ke babak keempat, sedangkan dua tim terbawah dipastikan gugur.

Dengan nilai pasar pemain yang tinggi, harapan masyarakat Indonesia tentu besar agar Timnas Indonesia mampu meraih hasil positif di dua laga tandang tersebut. Namun, selain kualitas individu, kerja sama tim dan taktik yang tepat juga menjadi kunci sukses.

Pelatih Shin Tae-yong diharapkan mampu meracik strategi yang tepat untuk menghadapi Bahrain dan China, serta memaksimalkan potensi para pemain. Jika mampu menaklukkan dua laga tersebut, asa Indonesia untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2026 masih terbuka lebar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini