Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia antara Bahrain vs Indonesia diwarnai kontroversi terkait kepemimpinan wasit Ahmed Al Kaf. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, meluapkan amarahnya karena menilai keputusan Al Kaf bias dan merugikan skuad Garuda.

Dalam laga yang berlangsung di Bahrain International Stadium pada Kamis (10/10/2024), Indonesia sempat unggul 2-1 berkat gol Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick. Namun, kemenangan di depan mata buyar setelah Mohammed Marhoon mencetak gol keduanya pada menit ke-98, ketika injury time hanya ditetapkan selama enam menit.

Shin Tae-yong dan kubu Indonesia memprotes keras keputusan Al Kaf yang membiarkan pertandingan berlanjut selama tiga menit lebih dari waktu injury time yang ditentukan. Selain itu, mereka juga menyoroti keputusan-keputusan bias Al Kaf yang dianggap menguntungkan tuan rumah Bahrain.

"Para pemain Indonesia dan Bahrain tampil luar biasa sampai akhir pertandingan. Tapi saya masih ingin menyampaikan hal memalukan soal keputusan wasit. Jika AFC ingin lebih baik, maka wasit juga harus bisa memutuskan dengan baik," tegas Shin dalam jumpa pers.

Shin menyebut semua pemain marah besar karena keputusan wasit yang merugikan Indonesia. Ia juga mempertanyakan integritas Al Kaf yang dianggap berat sebelah dan tidak adil.

"Anda semua tahu tambahan waktu enam menit, tapi malah berjalan lebih dari sembilan menit. Anda tahu keputusan wasit semuanya bias, semua pemain Bahrain meminta tendangan bebas ketika kami melakukan pelanggaran," urai Shin.

Kontroversi kepemimpinan wasit ini menambah deretan masalah yang dihadapi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Garuda saat ini tertahan di posisi kelima Klasemen Grup C dengan tiga poin hasil tiga kali hasil imbang. Indonesia akan menghadapi China pada pertandingan selanjutnya pada Selasa (15/10/2024).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini