Timnas Indonesia kembali menghadapi hasil imbang yang kontroversial dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Berhadapan dengan Bahrain, Indonesia harus puas berbagi poin dengan skor 2-2 dalam laga yang berlangsung di National Stadium Bahrain, Kamis (10/10/2024).

Kontroversi dalam laga ini berawal dari keputusan wasit keempat yang hanya memberikan waktu tambahan enam menit. Padahal, waktu normal seharusnya berakhir pada menit ke-90. Namun, wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf, tetap membiarkan pertandingan berlanjut hingga akhirnya Bahrain berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-90+9.

Keputusan wasit ini mendapat kecaman keras dari berbagai pihak, termasuk YouTuber asal Amerika Serikat, Edward Reynoso. Dalam videonya yang diunggah di kanal YouTube Give and Go, Reynoso menyebut Indonesia telah dirampok oleh wasit.

"Saya ingin tahu, komentar kalian, apakah Indonesia dirampok? Bilang pada saya apa yang Anda pikirkan mengenai itu," kata Reynoso.

"Saat Indonesia berlaga melawan Bahrain, yang berakhir 2-2, setelah Bahrain menyamakan kedudukan pada saat terakhir, pada menit terakhir, menit ke-99. Masalahnya di sini, wasit hanya memberikan waktu tambahan enam menit. Laga seharusnya dihentikan saat menit ke-96."

"Kita membahas mengenai tiga menit tambahan yang diberikan pada pertandingan ini. Orang-orang yang tidak bias, jujur, pada apa yang saya lihat itu keputusan salah. Keputusan salah, maaf," imbuh Reynoso.

Kejadian ini tentu sangat merugikan bagi Indonesia. Pasalnya, kemenangan atas Bahrain akan sangat berharga untuk menjaga peluang lolos ke putaran berikutnya. Dengan hasil imbang ini, Indonesia harus terus berjuang keras di pertandingan-pertandingan berikutnya.

Kontroversi dalam laga ini juga menimbulkan pertanyaan besar mengenai kualitas kepemimpinan wasit. Keputusan yang diambil wasit keempat jelas merugikan satu pihak dan menguntungkan pihak lainnya. Hal ini tentu tidak boleh terjadi dalam sebuah pertandingan sepak bola yang seharusnya menjunjung tinggi fair play.

Oleh karena itu, diperlukan evaluasi menyeluruh terhadap kinerja wasit dalam pertandingan ini. Federasi Sepak Bola Asia (AFC) selaku penyelenggara Kualifikasi Piala Dunia 2026 harus memberikan sanksi tegas jika terbukti terjadi pelanggaran atau kesalahan yang merugikan suatu pihak.

Indonesia sendiri masih memiliki kesempatan untuk lolos ke putaran berikutnya. Namun, tim asuhan Shin Tae-yong harus bisa bangkit dari kekecewaan ini dan menunjukkan performa terbaik di laga-laga selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini