Frenkie de Jong, gelandang Barcelona dan tim nasional Belanda, belum sepenuhnya pulih dari cedera pergelangan kaki yang dialaminya pada laga El Clasico bulan April lalu. Hal ini diungkapkan pelatih timnas Belanda, Ronald Koeman.

Setelah absen di Euro 2024 akibat cedera tersebut, De Jong akhirnya comeback bersama Barcelona saat melawan Young Boys di Liga Champions pekan lalu. Namun, kembalinya De Jong belum berjalan mulus. Ia hanya bermain sebagai pemain pengganti selama 15 menit dalam dua laga terakhir Barcelona, melawan Young Boys dan Alaves.

Akibat kondisi fisiknya yang belum optimal, De Jong tidak dipanggil ke timnas Belanda pada jeda internasional kali ini. Koeman menilai pemain berusia 27 tahun itu masih membutuhkan waktu untuk pulih sepenuhnya.

"Saya berbicara dengannya melalui telepon pekan lalu dan, dengan segala hormat, dia masih terlalu jauh (dari cukup fit). Dia bermain sebentar dan hanya itu saja sudah menakutkan baginya. Ini sulit baginya," ungkap Koeman.

Pelatih asal Belanda itu menekankan bahwa De Jong membutuhkan ritme pertandingan dan harus berada dalam kondisi 100% untuk dapat tampil optimal.

"Frenkie perlu menemukan ritmenya dan dalam kondisi 100%, dan saya pikir dia masih menuju ke sana," kata Koeman.

Kembalinya De Jong ke performa terbaiknya sangat penting bagi Barcelona dan timnas Belanda. Ia merupakan pemain kunci di lini tengah kedua tim tersebut, dan kondisinya yang prima akan menopang performa kedua tim di musim ini.

Saat ini, Barcelona berada di puncak klasemen La Liga, sementara timnas Belanda bersiap untuk menghadapi babak kualifikasi Kejuaraan Eropa 2024 pada bulan Maret nanti. Kondisi De Jong yang belum optimal menjadi sorotan, dan Barcelona serta timnas Belanda harus memastikan bahwa pemain penting ini dapat pulih dengan baik dan kembali ke performa terbaiknya sesegera mungkin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini