Kartu merah yang diterima Virgil van Dijk kala Belanda bermain imbang melawan Hongaria menyulut kritik dari pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman. Koeman mempertanyakan keputusan wasit yang dianggapnya merugikan timnya.

Bermain di Stadion Puskas Arena, Budapest, Belanda tertinggal lebih dulu 0-1 dari Hongaria. Akan tetapi, mereka harus bermain dengan 10 orang setelah Van Dijk mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-79.

Kartu kuning pertama diterima Van Dijk karena memprotes pelanggaran kepada Donyell Malen. Koeman menganggap protes kapten timnya tersebut wajar dan seharusnya tidak dihukum dengan kartu kuning.

"Kartu kuning pertama untuk Virgil sangat membuat frustrasi. Saya tidak mengerti kenapa seorang kapten tidak boleh memprotes wasit," ujar Koeman yang dikutip dari NOS.

Lebih lanjut, Koeman menyoroti pelanggaran yang dilakukan pemain Hongaria terhadap Malen. Menurutnya, pelanggaran tersebut seharusnya berbuah kartu merah.

"Pelanggaran itu seharusnya kartu merah. Tidak ada niat sama sekali dari pemain Hongaria untuk menguasai bola," tegas Koeman.

Dengan kartu merah yang diterimanya, Van Dijk dipastikan absen saat Belanda menghadapi Jerman pada Senin (14/10/2024). Kehilangan bek Liverpool tersebut tentu menjadi pukulan bagi Timnas Belanda, terutama mengingat pentingnya peran Van Dijk di lini pertahanan.

Meski berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Denzel Dumfries, Koeman tetap tidak puas dengan hasil pertandingan. Ia menilai kartu merah untuk Van Dijk telah merugikan timnya.

"Fakta bahwa Virgil mendapat kartu kedua sangat disayangkan. Dia seharusnya tidak terpancing, tapi dia tahu itu," pungkas Koeman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini