Timnas Vietnam kembali menelan hasil pahit dalam agenda uji coba internasional. Berhadapan dengan India di Stadion Thien Truong, Sabtu (12/10), The Golden Stars terpaksa puas dengan hasil imbang 1-1.

Awalnya, Vietnam berambisi menggelar turnamen tiga negara bersama India dan Lebanon. Namun, Lebanon terpaksa mengundurkan diri karena kondisi Timur Tengah yang tidak kondusif. Alhasil, Vietnam hanya menjalani satu laga uji coba melawan India.

Di hadapan pendukungnya sendiri, Vietnam mampu unggul lebih dulu melalui gol Nguyen Hoang Duc menit ke-38. Namun, keunggulan tersebut sirna di babak kedua setelah Farukh Choudhary mencetak gol penyama kedudukan menit ke-53.

Hasil imbang ini melanjutkan tren negatif Vietnam yang tidak pernah menang dalam empat laga terakhir. Ironisnya, dalam tiga laga sebelumnya, The Golden Stars menelan kekalahan. Kekalahan dimulai dari Thailand (1-2), Rusia (0-3), hingga Irak (1-3).

Pergantian pelatih dari Phillipe Troussier ke Kim Sang-sik belum membuahkan hasil positif bagi Vietnam. Kemenangan terakhir Vietnam terjadi saat mengalahkan Filipina 3-2 di bawah asuhan Troussier pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Juni lalu.

Hasil mengecewakan ini tentu menjadi tamparan bagi Vietnam yang ingin meningkatkan peringkatnya di peringkat FIFA. The Golden Stars saat ini berada di peringkat ke-97, jauh di bawah rival abadinya, Thailand (peringkat ke-112) dan Indonesia (peringkat ke-156).

Vietnam diharapkan segera menemukan kembali jalur kemenangan untuk meningkatkan kepercayaan diri jelang laga krusial di Piala AFF 2022 pada Desember mendatang. Pasalnya, The Golden Stars tergabung dalam Grup B yang dihuni oleh Malaysia, Singapura, Laos, dan Myanmar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini