Rumor soal Thomas Tuchel sebagai calon pengganti Erik ten Hag di Manchester United (MU) kembali mencuat. Namun, sejumlah pakar meragukan kemampuan Tuchel mengatasi tekanan berat sebagai manajer klub sebesar Setan Merah.

Ten Hag tengah berada di bawah sorotan tajam setelah MU menorehkan start yang mengecewakan di musim 2023/24. Hanya mengantongi tiga kemenangan dari 10 pertandingan pertama, MU juga menelan kekalahan dalam lima laga terakhirnya.

Meski masih mendapat dukungan dari manajemen, rumor soal pergantian manajer MU terus berhembus. Tuchel, yang kini menganggur setelah berpisah dengan Chelsea musim lalu, menjadi salah satu kandidat terdepan.

Namun, mantan pemain Arsenal dan Chelsea, William Gallas, mengutarakan keraguannya atas kemampuan Tuchel menangani tekanan di MU. Menurutnya, ekspektasi besar dan tuntutan meraih prestasi akan menjadi beban yang sulit ditanggung oleh siapa pun, termasuk Tuchel.

"Apakah Thomas Tuchel bisa mengatasi tekanan jadi manajer Manchester United? Saya kira tidak ada manajer yang bisa," kata Gallas, dikutip dari Daily Star.

Gallas menilai, kegagalan sejumlah manajer MU pasca-Sir Alex Ferguson menunjukkan besarnya tekanan dan ekspektasi di klub tersebut. "Itu terlalu besar untuk siapapun," ujarnya.

Di sisi lain, Gallas menyinggung kemungkinan Ruud van Nistelrooy dipromosikan sebagai pengganti Ten Hag. Legenda MU itu saat ini menjabat sebagai pelatih tim cadangan Setan Merah.

"Saya tidak tahu apakah karena persoalan ini, tapi mungkin ini adalah strateginya untuk menempatkan Ruud van Nistelrooy di bench dan menunggu waktu yang tepat untuk memberi dia pekerjaan itu," kata Gallas.

Kontrak Ten Hag bersama MU masih berlaku hingga 2026. Selain Tuchel, nama-nama seperti Ole Gunnar Solskjaer, Gareth Southgate, dan Edin Terzic juga disebut-sebut sebagai calon penggantinya.

Keputusan soal masa depan Ten Hag di MU masih berada di tangan manajemen klub. Tekanan berat dan ekspektasi besar menjadi faktor krusial yang harus dipertimbangkan dalam menentukan siapa yang pantas memimpin Setan Merah selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini