Timnas Polandia menelan kekalahan pahit saat menjamu Portugal di UEFA Nations League. Kekalahan tersebut pun membuat kapten Polandia, Robert Lewandowski, mengungkapkan kritik pedas terhadap performa rekan-rekannya.

Dalam laga yang berlangsung di National Stadium Warsaw pada Minggu (13/10/2024) dini hari WIB, Portugal tampil mendominasi. Mereka menguasai 63 persen penguasaan bola dan melepaskan 18 tembakan ke gawang Polandia.

Sedangkan Polandia hanya mampu melepaskan 12 tembakan dan menguasai 37 persen penguasaan bola. Hasilnya, Portugal berhasil unggul 2-0 di babak pertama melalui gol Bernardo Silva dan Cristiano Ronaldo.

Di babak kedua, Polandia sempat memperkecil ketertinggalan melalui gol Piotr Zielinski. Namun, Portugal memastikan kemenangan 3-1 berkat gol bunuh diri Jan Bednarek.

Dalam laga tersebut, Lewandowski tampil penuh selama 90 menit. Namun, ia hanya mampu melepaskan satu tembakan dan lebih banyak berada di area tengah lapangan.

Kurangnya suplai bola membuat Lewandowski kesal. Ia pun mempertanyakan kinerja rekan-rekannya.

"Saya bukan gelandang. Tugas saya bukanlah turun ke garis pertahanan untuk menerima bola di wilayah saya sendiri. Saya harus lebih dekat ke area lawan dan menunggu umpan silang, operan, dan bola di sana," kata Lewandowski dikutip dari Tribuna.

"Ini adalah sesuatu yang perlu kami tingkatkan atau ubah. Kami tidak sering menguasai bola di dekat area lawan. Padahal, peran penyerang adalah mencoba melakukan sesuatu di sana," tegasnya.

Kritik pedas Lewandowski ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi timnas Polandia. Sebab, mereka masih memiliki dua laga tersisa di UEFA Nations League melawan Wales dan Belanda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini