Timnas Norwegia harus menelan kekalahan memalukan saat bertandang ke markas Austria di UEFA Nations League. Tim yang diperkuat Erling Haaland itu dibantai dengan skor telak 6-1 oleh tuan rumah.

Bertanding di Raiffeisen Arena, Senin (14/10/2024) dini hari WIB, Norwegia datang dengan modal cukup tinggi. Mereka bertengger di puncak klasemen Grup 3 Liga B dengan koleksi tujuh poin dari tiga laga.

Sebaliknya, Austria hanya mengantongi empat poin sehingga tak diunggulkan untuk meraih kemenangan. Namun, fakta di lapangan berkata lain. Skuad asuhan Ralf Rangnick tampil trengginas dan mendominasi jalannya pertandingan.

Austria menguasai 66% penguasaan bola dan melepaskan 18 tembakan ke gawang Norwegia, di mana 10 di antaranya tepat sasaran. Sedangkan Norwegia hanya mampu menciptakan satu tembakan tepat sasaran, yakni gol Alexander Sorloth pada menit ke-39.

Sebelumnya, Austria sudah unggul 1-0 lewat gol Marko Arnautovic pada babak pertama. Di babak kedua, Austria semakin mengamuk dengan mencetak empat gol tambahan melalui penalti Arnautovic, Philipp Lienhart, Stefan Porsch, dan Michel Gregoritsch.

Kekalahan ini jelas menjadi hasil yang memalukan bagi Norwegia. Terlebih, Haaland yang selama ini menjadi tumpuan justru tidak mampu mencetak satu gol pun. Padahal, beberapa hari sebelumnya, Haaland baru saja mencetak dua gol saat Norwegia mengalahkan Slovenia 3-0.

Haaland pun tak ragu meminta maaf atas performa buruknya dan berjanji akan membayarnya di laga UEFA Nations League bulan depan.

"Saya minta maaf kepada kalian semua. Saya tampil sangat buruk hari ini. Kami berjanji akan meraih enam poin di bulan November," ujar Haaland melalui akun media sosialnya.

Norwegia masih memiliki dua laga sisa di UEFA Nations League bulan depan, yakni melawan Slovenia (14 November) dan tandang ke Kazakhstan (17 November). Kemenangan pada kedua laga tersebut menjadi harga mati bagi Norwegia jika ingin mempertahankan posisi teratas di klasemen.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini