Jakarta, – Timnas Prancis meraih kemenangan dramatis 2-1 atas tuan rumah Belgia dalam lanjutan UEFA Nations League A Grup 2, Selasa (15/10/2024). Kemenangan ini diraih meski Les Bleus harus bermain dengan 10 pemain di babak kedua.

Belgia langsung tampil menekan sejak awal pertandingan. Namun, peluang-peluang emas yang diciptakan Youri Tielemans, Lois Openda, dan Leandro Trossard berhasil digagalkan oleh kiper Prancis, Mike Maignan.

Titik balik pertandingan terjadi pada menit ke-23. Wasit menunjuk titik putih untuk Belgia setelah Openda dijatuhkan oleh William Saliba. Tielemans yang menjadi algojo gagal menjalankan tugasnya dan melepaskan tendangan penalti yang melambung.

Kegagalan penalti tersebut justru menjadi momentum bagi Prancis untuk bangkit. Mereka berhasil mendapatkan penalti pada menit ke-35 setelah Wout Faes melakukan handball di kotak penalti. Randal Kolo Muani yang menjadi eksekutor berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik.

Belgia mampu menyamakan kedudukan sesaat sebelum turun minum. Umpan silang Timothy Castagne disundul dengan sempurna oleh Openda pada menit ke-45+3. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-1.

Di babak kedua, Prancis sempat menjebol gawang Belgia melalui Manu Kone. Namun, gol tersebut dianulir karena Kolo Muani terlebih dahulu melakukan handball.

Prancis akhirnya kembali unggul pada menit ke-62. Umpan silang Lucas Digne dari sisi kiri disundul dengan sempurna oleh Kolo Muani yang berhasil menaklukkan kiper Belgia, Simon Mignolet.

Belgia yang tertinggal satu gol berusaha bangkit dan terus memberikan tekanan. Namun, Prancis menunjukkan disiplin dalam bertahan meski harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-76 setelah Aurelien Tchouameni mendapatkan kartu kuning kedua usai melanggar Tielemans.

Hingga pertandingan usai, Prancis mampu mempertahankan keunggulannya dan membawa pulang tiga poin dari markas Belgia. Kemenangan ini membawa Prancis naik ke peringkat kedua Grup 2 dengan koleksi sembilan poin, terpaut satu poin dari Italia di puncak klasemen. Sementara itu, Belgia menempati posisi ketiga dengan empat poin dari empat laga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini