London, – Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) secara resmi mengumumkan penunjukan Thomas Tuchel sebagai pelatih kepala Timnas Inggris mulai Januari 2025. Pelatih asal Jerman ini akan dibantu oleh asisten pelatih Anthony Barry asal Inggris.

"FA dengan bangga memperkenalkan Thomas Tuchel, mantan pemenang Liga Champions, sebagai pelatih kepala baru tim senior Inggris. Beliau akan didukung oleh pelatih berkebangsaan Inggris berpengalaman internasional, Anthony Barry," demikian pernyataan resmi FA melalui situs webnya.

Penunjukan Tuchel tidak lepas dari pengalamannya yang telah terbukti di Inggris. Ia pernah menukangi Chelsea pada musim 2021-2022 dan mempersembahkan tiga trofi bergengsi, yakni Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Menariknya, Barry merupakan asisten Tuchel sejak ia menukangi Chelsea dan sempat membantu Timnas Irlandia, Belgia, dan Portugal. Spesialisasi Barry terletak pada bola-bola mati, dan ia akan kembali mendampingi Tuchel di Bayern Munich.

Penandatanganan kontrak antara Tuchel dan Barry telah dilakukan sejak 8 Oktober lalu. Namun, pengumuman resminya baru dilakukan saat ini untuk menghindari gangguan terhadap Timnas Inggris yang tengah melakoni laga internasional.

Tuchel dan Barry dijadwalkan mulai bekerja secara resmi pada Januari 2025. Mereka akan bertugas mempersiapkan Inggris menghadapi babak kualifikasi menuju Piala Dunia 2026 yang akan digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Penunjukan Tuchel sebagai pelatih kepala Timnas Inggris disambut positif oleh banyak pihak. Direktur Teknik FA, John McDermott, yakin bahwa Tuchel memiliki kemampuan dan pengalaman yang diperlukan untuk membawa Inggris meraih kesuksesan di masa depan.

"Kami sangat senang bisa mendatangkan Thomas Tuchel sebagai pelatih kepala timnas. Dia memiliki rekam jejak yang luar biasa di level klub dan kami yakin dia adalah orang yang tepat untuk memimpin Inggris ke era baru," ungkap McDermott.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini