Timnas Vietnam terus mengalami penurunan di peringkat FIFA, merosot drastis hingga 25 peringkat sejak ditinggalkan pelatih Park Hang-seo. Hasil imbang melawan India dan pembatalan pertandingan kontra Lebanon menjadi faktor utama penurunan ini.

Menurut prediksi dari VN Express, Vietnam akan merosot tiga peringkat ke posisi 119, menjadi posisi terendah sejak November 2017. Di era Park Hang-seo, Vietnam sempat mencapai peringkat 100 besar dari November 2018 hingga Januari 2024.

Penurunan ini menambah derita Vietnam setelah tersingkir dari Piala Asia 2023 dan ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Ketidakmampuan skuad asuhan Nguyen Tien Linh di turnamen-turnamen penting ini menjadi bukti bahwa kepergian Park Hang-seo telah meninggalkan lubang besar.

Park Hang-seo, pelatih asal Korea Selatan yang menangani Vietnam sejak 2017, sukses menorehkan prestasi gemilang. Di bawah asuhannya, Vietnam meraih peringkat tertinggi di FIFA sepanjang masa, yakni 84 pada Juli 2018. Ia juga membawa The Golden Star juara Piala AFF 2018 dan melaju ke perempat final Piala Asia 2019.

Kepergian Park Hang-seo pada Januari 2023 meninggalkan kekosongan yang sulit diisi. Nguyen Tien Linh, sang pelatih anyar, belum mampu membawa Vietnam meraih hasil positif. Penurunan peringkat FIFA ini menunjukkan kebutuhan mendesak akan perubahan strategi dan perombakan skuad untuk mengembalikan kejayaan Vietnam di kancah sepak bola Asia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini