Proses naturalisasi pemain keturunan Indonesia, Kevin Diks, dikabarkan masih terus berjalan meski masa jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo akan segera berakhir.

Menurut Dito, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah menerima berkas naturalisasi Kevin Diks dari PSSI. Berkas tersebut akan diproses minggu depan, setelah adanya pemerintahan baru.

"Kevin Diks baru kami peroleh suratnya dari PSSI kemarin. Jadi ini akan kami proses minggu depan setelah ada pemerintahan yang baru," ujar Dito.

Proses naturalisasi Kevin Diks akan melalui beberapa tahapan, antara lain di Kemenkumham RI, Sekretariat Negara, Badan Intelijen Negara, Komisi X & Komisis III DPR RI, Presiden RI, dan pengambilan sumpah.

Meski prosesnya terbilang panjang dan kompleks, ada kemungkinan Kevin Diks bisa debut bersama Timnas Indonesia bulan depan saat menghadapi Jepang dan Arab Saudi. Namun, itu semua bergantung pada kelancaran proses naturalisasi.

Sebelumnya, PSSI sempat pesimistis Kevin Diks bisa debut tahun ini karena peralihan pemerintahan dan belum adanya komisi-komisi di DPR RI.

"Kami jadi belum tahu kapan selesainya proses naturalisasi Kevin Diks karena belum juga diteken oleh DPR," kata anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga.

Namun, dengan diterimanya berkas naturalisasi oleh Kemenpora, sinyal positif mulai terlihat. Diharapkan proses naturalisasi Kevin Diks dapat berjalan lancar dan pemain berdarah Indonesia itu dapat memperkuat Timnas Indonesia di masa depan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini