Tottenham Hotspur meraih kemenangan telak 4-1 atas West Ham United dalam laga pekan ke-8 Premier League di Tottenham Hotspur Stadium, Sabtu (19/10/2024) dini hari WIB. Kemenangan ini membawa Spurs naik ke posisi enam klasemen dengan 13 poin, sementara West Ham tertahan di urutan ke-14 dengan 8 poin.

Awal pertandingan langsung menyajikan jual beli serangan. West Ham hampir memecah kebuntuan pada menit ke-10 melalui tembakan Mohammed Kudus, namun bola masih bisa ditepis kiper Tottenham, Guglielmo Vicario. Tak mau kalah, Spurs membalas melalui tendangan melengkung Son Heung-min yang masih melebar.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya lahir pada menit ke-20 ketika Kudus berhasil memanfaatkan umpan Jarred Bowen untuk membawa West Ham unggul 1-0. Tertinggal, Spurs semakin gencar menyerang dan hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-27 melalui tandukan Brennan Johnson, tetapi bola masih belum menemui sasaran.

Upaya Spurs akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-36. Berawal dari umpan silang Pedro Porro, Dejan Kulusevski melepaskan tembakan yang sempat ditepis Areola dan memantul ke tiang sebelum masuk ke gawang West Ham. Kedudukan menjadi imbang 1-1.

Babak kedua dimulai dengan tempo yang lebih tinggi. Spurs langsung tancap gas dan berhasil membalikkan keadaan pada menit ke-52 melalui gol Yves Bissouma. Bissouma memanfaatkan umpan tarik Destiny Udogie untuk melepaskan tembakan keras yang tak kuasa ditepis Areola.

Tiga menit berselang, Spurs kembali memperlebar keunggulan. Kali ini, Jean-Clair Todibo melakukan gol bunuh diri setelah salah mengantisipasi bola tembakan Son yang ditepis Areola.

West Ham yang tertinggal dua gol berusaha membalas, namun upaya mereka tak membuahkan hasil. Sebaliknya, Spurs justru menambah keunggulan di menit ke-62 melalui aksi individu Son. Berawal dari umpan Pape Matar Sarr, Son menggiring bola di sisi kiri dan meliuk-liuk di kotak penalti sebelum menendang bola masuk ke gawang.

Di penghujung laga, terjadi keributan antara Kudus dengan Van de Ven. Wasit yang awalnya memberikan kartu kuning kepada kedua pemain, kemudian meninjau ulang kejadian di layar VAR dan mengubah hukuman Kudus menjadi kartu merah karena dianggap menggaplok muka Van de Ven dan Pape Matar Sarr.

Kekalahan ini menjadi tamparan keras bagi West Ham yang sebelumnya sempat meraih tiga kemenangan beruntun. Sementara itu, kemenangan ini menjadi modal berharga bagi Spurs untuk melanjutkan tren positif mereka di musim ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini