Arsenal kembali menelan kekalahan pahit di kandang Bournemouth. Selain takluk 0-2, the Gunners juga harus kehilangan salah satu pilarnya, William Saliba, yang menerima kartu merah pada menit ke-30.

Kartu merah Saliba tersebut merupakan yang ketiga bagi Arsenal musim ini. Sebelumnya, Declan Rice dan Leandro Trossard juga pernah diusir wasit. Dengan koleksi tiga kartu merah, Arsenal menjadi tim pengumpul kartu merah terbanyak di Premier League 2024/2025 sejauh ini, unggul dari Nottingham Forest dan Southampton yang baru mengoleksi dua kartu merah.

Menurut catatan The Sun, kartu merah Saliba merupakan yang ke-107 bagi Arsenal sepanjang sejarah Premier League. Meriam London hanya butuh satu kartu merah lagi untuk menyamai rekor Everton sebagai klub dengan koleksi kartu merah terbanyak di ajang tersebut.

Menariknya, sejak Mikel Arteta melatih Arsenal pada 2019, the Gunners telah mengoleksi 18 kartu merah di Premier League. Jumlah itu enam kartu merah lebih banyak dibandingkan tim lain.

Kecenderungan untuk mendapat kartu merah ini patut menjadi perhatian Arteta. Pasalnya, terdapat korelasi antara jumlah kartu merah dan peluang meraih gelar juara Premier League.

Berdasarkan data The Sun, dari 32 musim Premier League yang telah berlalu, hanya 17 tim juara yang mampu menghindari tiga atau lebih kartu merah. Sejak 2012/2013, hanya dua tim yang mampu juara meski mengoleksi tiga atau lebih kartu merah, yaitu Chelsea (4 kartu merah pada 2014/2015) dan Leicester (3 kartu merah pada 2015/2016).

"Antara 2016 dan 2024, tidak ada juara yang memiliki lebih dari dua (kartu merah)," ungkap The Sun.

Meskipun korelasi antara kartu merah dan kans juara bukan merupakan hubungan sebab-akibat langsung, namun bermain dengan 11 pemain lengkap hingga akhir pertandingan tentu akan meningkatkan peluang kemenangan Arsenal dibandingkan harus bermain dengan 10 pemain.

Fakta mencatat, Arsenal belum pernah meraih poin penuh di tiga laga Premier League 2024/2025 ketika ada pemainnya yang mendapat kartu merah. The Gunners bermain imbang 1-1 melawan Brighton, imbang 2-2 melawan Manchester City, dan kalah 0-2 dari Bournemouth.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini