Manchester United berhasil melaju ke perempat final Piala FA setelah menang tipis 1-0 atas Nottingham Forest di Stadion City Ground, Kamis (29/2) dini hari WIB. Gol tunggal kemenangan Setan Merah dicetak oleh gelandang Brasil, Casemiro, pada menit ke-89.

MU mendominasi jalannya pertandingan dengan menguasai 61% penguasaan bola dan melepaskan 20 tembakan, tujuh di antaranya mengarah ke gawang. Namun, mereka harus bersabar hingga menit-menit akhir untuk menembus pertahanan rapat Nottingham Forest yang juga menciptakan 16 peluang, lima di antaranya on target.

Casemiro menjadi penentu kemenangan MU setelah memanfaatkan umpan tendangan bebas dari Bruno Fernandes. Gelandang berusia 31 tahun itu menyundul bola ke pojok kanan bawah gawang Nottingham Forest yang tak bisa dijangkau oleh kiper Brice Samba.

Gol ini sekaligus menjadi gol debut Casemiro untuk MU di kompetisi Piala FA. Sebelumnya, ia sudah mencetak tiga gol di Liga Inggris sejak bergabung dengan MU dari Real Madrid pada Januari 2024 dengan nilai transfer sebesar 50 juta euro.

Pelatih MU, Erik ten Hag, mengapresiasi penampilan Casemiro dan timnya yang tidak menyerah hingga akhir. Ia juga menganggap gol ini sebagai balas dendam atas kekalahan dari Fulham di Liga Inggris pekan lalu karena gol di injury time.

"Ini adalah waktu terbaik untuk mencetak gol di menit-menit akhir. Pada hari Sabtu, kami merasakan kekalahan di injury time [melawan Fulham]. Kami mencetak gol di saat yang tepat. Di babak kedua setelah lima atau enam menit, kami mengendalikan permainan," kata Ten Hag kepada BBC One.

Ten Hag juga menuntut para pemainnya untuk konsisten menunjukkan penampilan seperti ini di setiap pertandingan. Ia mengaku tidak mudah untuk selalu merotasi pemain karena badai cedera yang melanda timnya. Namun, ia bangga karena MU masih tampil konsisten di tahun 2024.

"Kami kalah satu kali di tahun 2024. Kami konsisten. Tidak mudah ketika Anda memiliki seluruh lini belakang dan harus berganti-ganti pemain di posisi yang berbeda. Saya sangat bangga kami berhasil melakukannya," ujar Ten Hag.

Dengan kemenangan ini, MU berhak melaju ke perempat final Piala FA dan akan bertemu dengan rival abadinya, Liverpool, di Stadion Old Trafford pada 16 Maret mendatang. Duel ini dipastikan akan berlangsung sengit dan menarik, mengingat kedua tim juga bersaing di papan atas klasemen Liga Inggris.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini