Liverpool berhasil melaju ke perempat final Piala FA setelah mengalahkan Southampton dengan skor 3-0 di Anfield, Kamis (29/2/2024). Kemenangan ini semakin menunjukkan kekuatan bocil-bocil merah yang mampu menggantikan para pemain senior yang absen karena cedera.

Liverpool tampil dengan formasi 4-3-3 yang diisi oleh banyak pemain muda dari akademi. Hanya Virgil van Dijk, Joe Gomez, dan Cody Gakpo yang merupakan pilihan utama Juergen Klopp musim ini. Sementara itu, Southampton juga menurunkan tim yang tidak jauh berbeda dari yang biasa bermain di Liga Inggris.

Pertandingan berlangsung cukup sengit di babak pertama, dengan Southampton mencoba memberikan tekanan kepada lini belakang Liverpool. Namun, para pemain muda Liverpool mampu bertahan dengan baik di bawah arahan Van Dijk. Bahkan, mereka berhasil unggul 1-0 menjelang turun minum, berkat gol yang dicetak oleh Lewis Koumas pada menit ke-45.

Babak kedua menjadi milik Liverpool, yang semakin percaya diri dengan keunggulan mereka. Klopp melakukan beberapa pergantian pemain, dengan memasukkan Ibrahima Konate, Alexis Mac Allister, dan Jayden Danns. Pergantian ini ternyata membawa dampak positif bagi Liverpool, yang menambah dua gol lagi melalui Danns pada menit ke-64 dan ke-78.

Southampton tidak mampu memberikan perlawanan yang berarti, dan hanya mampu menciptakan sembilan tembakan, termasuk tiga yang berhasil ditepis oleh Caoimhin Kelleher. Liverpool pun menutup laga dengan kemenangan 3-0 dan memastikan tiket ke perempat final, di mana mereka akan bertemu dengan rival abadi mereka, Manchester United.

Kemenangan ini menjadi bukti bahwa Liverpool memiliki kedalaman skuad yang luar biasa, dengan banyak pemain muda yang berbakat dan siap bermain di level tertinggi. Para bocil-bocil merah, seperti yang disebut oleh media, telah menunjukkan kualitas mereka di beberapa kompetisi, termasuk saat menjadi juara Piala Liga Inggris akhir pekan lalu.

Klopp pun mengaku bangga dengan penampilan para pemain mudanya, dan mengatakan bahwa mereka adalah solusi bagi Liverpool yang mengalami krisis cedera. "Situasinya sungguh sulit karena ada banyak laga yang harus dijalani namun stok pemain yang ada tak cukup. Namun sejauh ini kami berhasil menemukan solusi dan kami harus terus melakukan itu," ujar Klopp, dikutip dari situs resmi Liverpool.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini