Elkan Baggott adalah salah satu pemain Timnas Indonesia yang sedang meniti karier di sepak bola Inggris. Pemain berusia 21 tahun ini baru saja dipinjamkan oleh klub Championship Division, Ipswich Town, ke klub League One, Bristol Rovers, hingga akhir musim. Bagaimana performa Baggott bersama klub barunya sejauh ini?

Baggott bergabung dengan Bristol Rovers pada 2 Februari 2024, setelah menjalani Piala Asia 2023 bersama Timnas Indonesia. Dia menjadi pemain Indonesia pertama yang bermain di EFL (English Football League), yang membawahi tiga kompetisi, yakni Championship Division, League One, dan League Two.

Sejak bergabung dengan Bristol Rovers, Baggott sudah mengemas enam penampilan di League One, dengan total 342 menit bermain. Baggott empat kali main sebagai starter dan sekali menyumbang assist. Baggott kerap berduet dengan kapten tim, James Wilson, dalam skema empat bek. Dirinya juga tiga kali bermain di posisi tengah dalam skema tiga bek.

Manajer Bristol Rovers, Matt Taylor, mengaku senang dengan kedatangan Baggott. Dia menilai Baggott punya fisik yang bagus dan memberikan keseimbangan di sisi kiri. Taylor juga berharap Baggott bisa meningkatkan permainannya dan kembali ke Ipswich dalam posisi yang lebih bagus.

Baggott sendiri mengatakan bahwa dia merasa cocok dengan cara bermain dan lingkungan di Bristol Rovers. Dia juga berterima kasih kepada Ipswich yang memberinya kesempatan untuk bermain di level yang lebih tinggi.

Bristol Rovers saat ini menempati posisi 11 klasemen League One, dengan 51 poin dari 32 pertandingan. Mereka masih berpeluang untuk mengejar tiket promosi ke Championship Division, jika bisa mempertahankan performa baik mereka.

Baggott juga masih berpeluang untuk kembali dipanggil oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk mengikuti kualifikasi Piala Dunia 2026. Baggott sudah mencatat 24 caps bersama Timnas Indonesia, dan menjadi salah satu pilar pertahanan di bawah asuhan Shin.

Dengan bakat dan potensi yang dimilikinya, Baggott diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi pemain-pemain muda Indonesia lainnya yang bercita-cita bermain di Eropa. Baggott juga diharapkan bisa terus berkembang dan bersinar bersama Bristol Rovers, Ipswich Town, maupun Timnas Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini