PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah memilih Persib Bandung sebagai klub pertama yang akan menjalani sosialisasi Video Assistant Referee (VAR). Keputusan ini diambil menjelang penerapan teknologi VAR pada babak Championship Series Liga 1 musim 2023/24.

Sosialisasi VAR ini dilaksanakan di Graha Persib pada tanggal 23 April 2024, diikuti oleh staf pelatih dan pemain klub yang berjuluk Maung Bandung. Persib dipilih karena merupakan salah satu dari klub yang telah memastikan diri meraih tiket ke babak championship series. Setelah Persib, sosialisasi akan dilanjutkan ke klub-klub peserta Championship Series lainnya.

Sebelumnya, PT LIB telah melakukan beberapa uji coba VAR mulai dari tingkat Sekolah Sepakbola (SSB) hingga di final Elite Pro Academy (EPA) U-20. Rencana awal penerapan VAR adalah pada putaran kedua Liga 1, namun ditunda hingga babak Championship Series karena keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM).

Penerapan VAR diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengadilan pertandingan sepak bola di Indonesia dan mengurangi kontroversi terkait keputusan wasit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini