PSBS Biak berhasil menorehkan sejarah baru bagi sepak bola Papua. Tim berjuluk Badai Pasifik itu menjadi tim pertama dari tanah Cendrawasih yang bermain di kasta tertinggi kompetisi antarklub di Indonesia, yaitu Liga 1.

PSBS Biak memastikan tiket promosi ke Liga 1 musim depan setelah mengalahkan Persiraja Banda Aceh dengan agregat 5-1 di semifinal Liga 2 musim 2023/2024. Pada leg pertama di Banda Aceh, PSBS bermain imbang 1-1. Pada leg kedua di Stadion Cendrawasih, Biak Numfor, Papua, Kamis (29/2/2024), PSBS menang telak 4-0 .

Dua pemain asing PSBS, Alexsandro dos Santos dan Beto Goncalves, menjadi bintang kemenangan tim tuan rumah. Keduanya mencetak dua gol masing-masing. Alexsandro juga menjadi top skor sementara Liga 2 dengan 19 gol.

Dengan hasil ini, PSBS Biak tidak hanya melaju ke final Liga 2, tetapi juga mengamankan satu slot tempat di Liga 1 musim depan tanpa perlu menunggu hasil laga final. PSBS Biak akan menghadapi pemenang antara Persis Solo dan Persik Kediri di partai puncak Liga 2.

Bagi PSBS Biak, promosi ke Liga 1 adalah pencapaian yang luar biasa. Sebab, ini adalah kali pertama mereka menginjakkan kakinya di kasta tertinggi kompetisi sepak bola Indonesia. Selama ini, PSBS Biak lebih sering berada di kasta kedua.

Pada Liga 2 musim 2021, PSBS Biak hanya berada di posisi ke-5 klasemen akhir Grup D Liga 2. Mereka meraih 12 poin, sama dengan Mitra Kukar yang menjadi juru kunci klasemen dan degradasi ke Liga 3. Saat itu, PSBS Biak unggul selisih gol dari Mitra Kukar.

Pada Liga 2 musim 2022/2023, PSBS Biak sempat terseok-seok di awal musim. Namun, mereka bertahan di Liga 2 karena PSSI memutuskan kompetisi tidak dilanjutkan karena situasi force majeure. Tragedi Kanjuruhan yang memakan lebih dari 130 korban jiwa menjadi penyebabnya.

Pada Liga 2 musim 2023/2024, PSBS Biak tampil sangat impresif sepanjang musim. Bertanding sebanyak 20 kali hingga semifinal, PSBS Biak membukukan 14 kemenangan, empat hasil imbang, dan cuma kalah dua kali.

PSBS Biak pantas promosi ke Liga 1 karena diperkuat oleh banyak pemain bintang. Selain Alexsandro dan Beto, PSBS Biak juga memiliki Fabiano Beltrame, Osas Saha, Ruben Sanadi, Vendry Mofu, sampai Otavio Dutra. Mereka adalah pemain-pemain yang sudah berpengalaman bermain di Liga 1.

Dengan promosi PSBS Biak, Papua punya wakil lagi di Liga 1. Sebelumnya, Papua pernah diwakili oleh Persipura Jayapura, Persidafon Dafonsoro, Persiwa Wamena, hingga Persiram Raja Ampat. Namun, Persipura menjadi tim Papua terakhir yang bermain di Liga 1 pada musim 2021/2022. Saat itu, Persipura degradasi ke Liga 2 setelah finis di posisi ke-16 dengan raihan 36 poin.

Selamat kepada PSBS Biak atas prestasi mereka. Semoga mereka bisa membawa nama Papua harum di Liga 1 musim depan. Salam olahraga! 🙌

PSBS Biak Promosi, Papua pun Punya Wakil Lagi di Liga 1 – detiksport
Sejarah! PSBS Biak Promosi ke BRI Liga 1 2024/2025 – Bola.net
Tembus Semifinal Liga 2, PSBS Biak Menghidupkan Asa Promosi ke Liga 1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini