Pendahuluan

Transfer Matthijs de Ligt ke Manchester United pada bursa transfer musim panas 2023 mengundang kontroversi. Pasalnya, Bayern Munich, klub yang ditinggalkan De Ligt, dinilai masih membutuhkan jasa pemain asal Belanda tersebut. Namun, petinggi Bayern Munich mempunyai alasan tersendiri di balik keputusan mereka melepas De Ligt.

Alasan Taktis

Max Eberl, petinggi Bayern Munich, menyatakan bahwa keputusan menjual De Ligt didasari oleh pertimbangan taktis. Eberl lebih memilih Dayot Upamecano dan Kim Min-jae sebagai bek tengah utama karena mereka dinilai lebih cocok dengan gaya bermain Bayern yang agresif dan suka bertahan tinggi di lapangan.

"Kami merasa lebih nyaman dengan Upamecano dan Kim karena mereka bisa bertahan lebih tinggi di lapangan," ujar Eberl seperti dikutip 90Min.

Keputusan Keuangan

Eberl juga mengungkapkan bahwa Bayern Munich harus menjual beberapa pemain untuk menyeimbangkan keuangan klub. Transfer De Ligt ke United menghasilkan dana sebesar 42,9 juta poundsterling, yang dapat digunakan Bayern untuk mendatangkan pemain baru atau memperkuat lini lain.

"Kami juga harus menjual beberapa pemain," kata Eberl.

Respons Suporter

Keputusan Bayern Munich menjual De Ligt mendapat tentangan dari sebagian suporter. Sebuah petisi yang menolak penjualan De Ligt bahkan dilayangkan oleh para penggemar Bayern. Namun, Eberl menegaskan bahwa dirinya harus mengambil keputusan yang terbaik untuk klub.

"Saya mengikuti (respons suporter), termasuk petisinya. Saya tahu bahwa banyak fans yang sependapat dengannya," kata Eberl.

Penampilan De Ligt di United

Meski mendapat banyak kritik saat bermain di Bayern Munich, De Ligt mampu bangkit setelah bergabung dengan United. Ia telah menyumbangkan satu gol dalam kemenangan 3-0 United atas Southampton, menunjukkan bahwa ia masih memiliki potensi besar.

Kesimpulan

Keputusan Bayern Munich menjual Matthijs de Ligt didasari oleh pertimbangan taktis dan keuangan. Meski mendapat tentangan dari sebagian suporter, Bayern menilai bahwa Upamecano dan Kim Min-jae lebih cocok dengan gaya bermain mereka. De Ligt sendiri menunjukkan penampilan yang impresif sejak bergabung dengan United, membuktikan bahwa ia masih merupakan pemain yang berkualitas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini