Liverpool berhasil melaju ke perempat final Piala FA setelah mengalahkan Southampton dengan skor 3-0 di Anfield, Kamis (29/2/2024) dini hari WIB. Dua gol dari Jayden Danns dan satu gol dari Lewis Koumas menjadi penentu kemenangan The Reds. Danns, yang baru berusia 18 tahun, menjadi sorotan utama karena penampilannya yang gemilang. Ia mencetak dua gol dalam 25 menit setelah masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-63. Gol pertamanya adalah sebuah cungkilan cantik setelah menerima umpan dari Harvey Elliot, sedangkan gol keduanya adalah sebuah sundulan jitu setelah menyambut bola muntah dari tendangan Conor Bradley.

Danns, yang merupakan produk akademi Liverpool, baru saja melakoni debutnya untuk tim utama pekan lalu saat menghadapi Luton Town. Ia kemudian kembali bermain di final Piala Liga Inggris sebelum mencetak dua gol perdananya untuk Liverpool. Dengan demikian, ia telah mencatatkan tiga penampilan dan dua gol untuk tim utama Liverpool dalam waktu kurang dari dua minggu. Performa Danns yang luar biasa ini tidak hanya mengundang pujian dari pelatih Jurgen Klopp, tetapi juga dari legenda Manchester United, Roy Keane.

Keane, yang menjadi salah satu pundit di ITV, mengaku terkesan dengan kualitas, visi, dan insting gol Danns. Ia menilai Danns bermain seperti pemain senior, bukan pemain yang baru memulai karir profesionalnya. Ia juga memuji reaksi Danns saat mencetak gol kedua, yang menunjukkan ketajaman dan kesigapannya sebagai striker. "Kita sudah bicara sebelum laga soal kesempatan pemain muda bermain di klub-klub besar. Tidak mudah memang, tapi ketika Anda mendapatkan itu, Anda harus memaksimalkan itu, dan dia melakukannya malam ini. Gol-golnya luar biasa," ujar Keane.

"Itulah perbedaannya, kualitas, umpannya, dan pengambilan keputusan. Itulah alasan para pemain muda ini ada di Liverpool. Saya mungkin terkesan dengan gol kedua Danns ketimbang yang pertama, karena soal reaksinya. Ketika bola ditembak, dia langsung bergerak. Ada bek yang mengawalnya. Itu insting striker. Dia membuatnya terlihat mudah," tambah Keane.

Danns sendiri mengaku sangat bahagia dan bersyukur atas kesempatan yang diberikan Klopp kepadanya. Ia menyebut mencetak gol di depan The Kop sebagai mimpi yang menjadi kenyataan. Ia juga mengatakan bahwa ia merasa seperti bermain di film karena rasanya tidak nyata. "Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Saya sudah mendukung klub sejak saya masih muda, sejak lahir, jadi untuk masuk dan mencetak gol di Kop, itu tidak nyata. Rasanya tidak nyata bagi saya. Rasanya seperti berada di film. Saya tidak kurasa aku tidak akan tidur malam ini," kata Danns.

Dengan kemenangan ini, Liverpool akan menghadapi rival abadinya, Manchester United, di perempat final Piala FA. Laga ini akan berlangsung di Old Trafford pada 16 Maret mendatang. Danns berharap bisa kembali memberikan pengaruh positif bagi timnya saat melawan Setan Merah. "Mudah-mudahan. Saya tidak tahu. Mudah-mudahan ketika saatnya tiba saya bisa memberikan pengaruh, tapi kita lihat saja nanti. Saya ‘Saya bersyukur atas kesempatan yang saya dapatkan sekarang," ujar Danns.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini