Paul Pogba, gelandang Juventus dan timnas Prancis, harus menghadapi kenyataan pahit setelah dinyatakan positif doping dan dijatuhi sanksi larangan bermain selama empat tahun oleh Pengadilan Anti-Doping Italia. Keputusan ini berpotensi mengakhiri karier Pogba di sepak bola, terutama di Juventus yang baru saja mendatangkannya kembali dari Manchester United pada musim panas 2023.

Pogba gagal dalam tes doping pada 20 Agustus 2023, setelah pertandingan Liga Italia antara Udinese dan Juventus. Pada saat itu, Pogba baru saja menjalani debut keduanya bersama Si Nyonya Tua, setelah sebelumnya pernah membela klub tersebut pada 2012-2016. Pogba ditemukan mengandung testosteron, zat terlarang yang dapat meningkatkan performa atlet secara signifikan.

Pogba sempat mengajukan banding dan menunggu hasil analisis sampel B, namun hasilnya tetap sama. Pogba terbukti bersalah dan harus menerima hukuman yang dijatuhkan oleh jaksa anti-doping Italia. Hukuman ini berlaku sejak Pogba gagal dalam tes doping, sehingga ia baru bisa bermain lagi pada Agustus 2027.

Pogba saat ini berusia 30 tahun, dan hukuman empat tahun ini bisa saja menjadi akhir dari karier sepak bolanya. Pogba juga terancam kehilangan kontraknya dengan Juventus, yang masih berlaku hingga Juni 2026. Menurut laporan Football Italia, Juventus berhak memutus kontrak Pogba lebih cepat, karena masa larangan bermainnya melebihi enam bulan.

Namun, Juventus dikabarkan masih akan menunggu langkah selanjutnya dari pihak Pogba, sebelum mengambil keputusan akhir. Juventus tidak ingin bersikap sepihak, karena Pogba selalu kooperatif sejak kasus doping ini terungkap. Juventus juga mendapat bantuan keuangan dari pemerintah Italia, yang memberikan keringanan pajak penghasilan bagi pemain asing yang belum dua tahun berkarier di Italia.

Pogba sendiri belum memberikan komentar resmi terkait hukuman yang menimpanya. Pemain yang pernah menjadi juara Piala Dunia 2018 bersama Prancis ini masih berharap ada celah untuk mengurangi masa hukumannya. Pogba juga tetap rajin berlatih, meski tidak bisa bermain bersama Juventus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini